Metro

Pekan Ini Dewan Pantau Sembako

MAKASSAR, BKM–Memasuki bulan suci Ramadan yang kurang sebulan lagi, DPRD Kota Makassar akan melakukan pemantauan harga bahan pokok di pasar-pasar tradisional.
Pantauan atau inspeksi mendadak (Sidak) dilakukan dewan guna mengantisipasi kenaikan harga dan ketersediaan pasokan sembako selama bulan Ramadan dan lebaran Idul Fitri mendatang.
Ketua Komisi B DPRD Makassar, H Yunus mengatakan, pihaknya meminta kepada Pemerintah Kota Makassar melalui Dinas Perdagangan untuk dapat memastikan stok barang tersedia sehingga masyarakat tidak resah. Pemkot juga harus mengantisipasi penimbunan sembako sehingga distribusi tidak tersendat.
Menurut H Yunus, pihaknya akan turun langsung ke beberapa pasar tradisional yang ada di Kota Makassar menjelang Ramadan, pada pekan depan.
Apalagi, tambah H Yunus, seperti tahun tahun sebelumnya, di setiap awal bulan Ramadan, sejumlah bahan pokok mengalami kenaikan. Seperti harga beras, harga gula, harga cabe, bawang dan ayam potong selalu mengalami kenaikan.
“Kami mengimbau kepada para pedagang agar tidak seenaknya menaikan harga berbagai kebutuhan pokok pada bulan puasa nanti. Bahkan dalam waktu dekat ini kami akan sidak ke pasar pasar untuk melihat langsung situasi di lapangan, ” tegas Yunus.
Legislator Fraksi Hanura itu menambahkan, dewan bakal mengupayakan mengantisipasi spekulan harga bahan pokok selama bulan Ramadan hingga lebaran tahun ini. Salah satunya siap menganggarkan kegiatan operasi pasar.
“Setiap memasuki Ramadan biasanya memang para pengusaha memanfaatkan momentum untuk melakukan tindakan seperti menimbun kebutuhan pokok. Tindakan tersebut sangat merugikan masyarakat,” ungkapnya saat di gedung DPRD Makassar, Jumat (12/5).
Terpisah, anggota Komisi B DPRD Makassar, Syarifuddin Said juga mengimbau Dinas Perdagangan melakukan peninjauan ke lapangan memantau harga sembako. sebab praktik penimbunan bahan-bahan pokok adalah penyebab utama terjadinya spekulasi lonjakan harga di pasar, utamanya pasar tradisional saat menjelang ramadan.(ita)

loading...
Comments

Copyright © 2017 Berita Kota Makassar.

To Top