Berita Kota Makassar | Wali Kota Bantah Berutang
Sulselbar

Wali Kota Bantah Berutang

HM Taufan Pawe

PAREPARE, BKM — Wali Kota Parepare, HM Taufan Pawe mengatakan pembangunan Institute Teknologi Habibie (ITH) tetap terlaksana, hanya terkendala fiskal sehingga tidak bisa berjalan.
“Penerintah pusat melalui kementerian SDM, mendukung adanya ITH di Parepare. Tapi ada kendala sehingga belum beroperasi yakni masalah fiskal,” ujar Taufan saat rapat paripurna LKPJ Wali Kota tahun 2016, di ruang paripurna, Jumat, (12/5) siang.
Taufan menambahkan kondisi keuangan negara kita tidak memadai sehingga ITH belum maksimal jalan akan tetapi tetap optimis ITH tetap akan terlaksana setelah kondisi keuangan negara kita stabil.
Mengenai masalah utang, Pemkot Parepare harus diluruskan agar tidak menjadi fitnah. Dimana Pemkot tidak berutang justru pemerintah pusat yang berutang ke pemkot karena tidak mencairkan dana DAK sehingga mengganggu kondisi keuangan dan pembangunan kota Parepare.
“Semua daerah kondi keuanganya sama dengan yang kami alami, tapi sudah ada solusi pemerintah pusat untuk menganggarkan kembali melalui APBN perubahan,”jelas Taufan.
Mengenai ada daerah yang berani membayar DAK melalui dana DAU maka itu sangat fatal dan bisa berhadapan dengan hukum”Parepare tidak mau memakai dana DAU bersumber APBD untuk membayar DAK,”jelasnya.
Mereka tidak paham mengenai masalah utang itu, wajar karena tidak tau memgenai pemerintahan dan kini saatnya pemkot menjelaskan dan meluruskan bahwa yang berutang itu pemerintah pusat karena daba DAK tidak dicairkan karena kondisi masalah fiskal.
Wali Kota minta kepada Sekkot agar ada koordinasi dengan DPRD tentang masalah-masalah yang terjadi di Parepare dan sama-sama mencari solusinya. (smr/D)

Comments

Copyright © 2017 Berita Kota Makassar.

To Top