Metro

Sekretariat DPRD Sulsel Kunker ke Yogya

BKM/NUGROHO PLAKAT---Kepala Bagian Humas Sekretariat DPRD Sulsel, Surya Darma Thomas menerima plakat dari Kepala Bagian Humas dan Protokol DPRD DIY, Budi Nugroho, kemarin.

MAKASSAR, BKM– Sekretariat DPRD Provinsi Sulawesi Selatan melakukan kunjungan kerja ke Sekretariat DPRD Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) dan Kantor Harian Kedaulatan Rakyat di Yogyakarta, Jumat (12/5). Kunjungan ini dalam rangka pengembangan wawasan terkait kemitraan media dalam rangka penyebarluasan informasi dan publikasi kegiatan dewan.
Selain itu, kunjungan tersebut berfungsi untuk mengetahui sejauh mana keterkaitan DPRD Provinsi DIY dengan media yang ada di Yogyakarta.
Dalam kunjungan pertama ke Sekretariat DPRD DIY, rombongan Sekretariat DPRD Sulsel diterima langsung Kepala Bagian Humas dan Protokol, Budi Nugroho. Budi menjelaskan tentang hubungan antara DPRD DIY dengan para media.
Budi menjelaskan, jika tiap tahunnya, pihaknya telah mengagendakan publikasi kegiatan DPRD di berbagai media cetak, elektronik, ada online. Untuk media cetak, setiap tahunnya terbit sampai lima tayangan di media nasional. Sedangkan untuk media lokal, ditargetkan sampai 20 tayangan per tahun.
Untuk media elektronik, 42 kali penayangan di televisi dan lima kali di radio setiap tahun. Sedangkan untuk pemberitaan online, pihak DPRD DIY memanfaatkan tenaga outsourcing. Peliputan sepanjang kegiatan oleh PNS baik dalam daerah maupun luar daerah.
Adapun yang menarik, Sekretariat DPRD DIY rutin melakukan kompetisi sepak bola persahabatan antar staff DPRD dengan awak media. Selain itu, pihak DPRD juga memberikan honor khusus ke para wartawan yang bertugas di Sekretariat DPRD. “Kita ruting melakukan pertandingan sepak bola persahabatan antar staf dan awak media. Kita juga memberikan honor kepada wartawan setiap triwulan,” kata Budi.
Hasilnya, hubungan antara Sekretariat DPRD DIY dan awak media menjadi lebih harmonis. “Alhamdulillah selama ini kita selalu diberitakan baik oleh media disini,” tambah Budi.
Sementara itu, Sekretariat DPRD Sulsel juga melakukan kunjungan ke Kantor Harian Kedaulatan Rakyat. Disana, para staf dan awak media yang ikut rombongan melakukan diskusi dengan Pimred Kedaulatan Rakyat, Octo Lampito. Octo menjelaskan jika media itu harusnya mencerahkan, bukan malah terlibat dalam kasus tertentu. “Media itu kan hakikatnya mencerahkan, jangan malah kita terlibat bahkan menyudutkan,” jelas Octo.
Dari hasil kunjungan ini, Kepala Bagian Humas Sekretariat DPRD Sulsel, Surya Darma Thomas mengatakan, jika apa yang dilakukan Sekretariat DPRD DIY terhadap awak media, memang ada perbedaan dari yang dilakukan pihaknya. Namun secara keseluruhan sebenarnya sama. ” Kesimpulan kita, sebenarnya sama namun caranya saja ada yang sedikit berbeda. Tinggal kita kondisikan saja,” kata Surya.(nug/war/c)

Comments

Copyright © 2017 Berita Kota Makassar.

To Top