Sulselbar

Nasional Gala Desa Dihadiri Menpora

Imam Nahrawi

BULUKUMBA, BKM — Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) melalui gerakan “Ayo Olahraga” akan menggelar ajang Gala Desa Indonesia Mei-September secara serentak di 136 Kabupaten/Kota di Indonesia.
Kick Off Nasional Gala Desa ini sendiri akan dilaksanakan di Kabupaten Bulukumba oleh Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Imam Nahrawi pada Minggu, (14/5) 2017.
Bupati Bulukumba AM Sukri Sappewali sangat mengapresiasi Kemenpora yang menunjuk Bulukumba selaku tuan rumah pada Kick Off Gala Desa, dimana sebanyak 6 cabang olahraga akan dipertandingkan dalam ajang ini yakni Sepak Bola, Sepak Takraw, Tenis Meja, Bola Voli, Bulutangkis, dan Atletik.
“Ini sebuah kehormatan bagi kita, sehingga selaku tuan rumah kita harus melaksanakan acara ini dengan semarak, seluruh desa harus dihadirkan, karena masyarakat Indonesia akan tertuju pada saat Kick Off nantinya. Intinya Bulukumba siap mensukseskan Gala Desa ini” ujar AM Sukri Sappewali.
AM Sukri berpandangan, maraknya narkoba atau perilaku negatif masyarakat oleh karena kurangnya aktifitas atau kegiatan di masyarakat, sehingga dengan adanya kegiatan olahraga Gala Desa ini, masyarakat memiliki kegiatan yang positif yang bisa menyehatkan sekaligus dapat meraih prestasi.
Wakil Bupati Tomy Satria Yulianto selaku Ketua Panitia menyebut Kick Off akan dipusatkan di Lapangan Pemuda Bulukumba dengan menghadirkan peserta sekitar 10 ribu orang atau masing-masing seribu peserta perkecamatan yang terdiri dari pelajar dan masyarakat umum. Untuk penyambutan menteri, lanjut Tomy kita akan melibatkan pelajar dan guru dalam pagelaran seni.
“Rombongan defile 10 kecamatan akan melintas di hadapan menteri dan saat pembukaan nantinya ada pertandingan eksibisi tennis meja oleh Menpora melawan Bupati Bulukumba” kata Tomy pada rapat pemantapan panitia di Ruang Pola Kantor Bupati, Selasa (9/5) yang dihadiri oleh seluruh kepala OPD, camat dan para kepala desa dan lurah.
Beberapa hari sebelumnya saat berkunjung ke Bulukumba, Asisten Deputi Pengelolaan Olahraga Kemenpora RI Arifin Arifin Majid mengatakan Gala Desa merupakan upaya implementasi Nawacita Presiden Jokowi untuk mendukung Gerakan Masyarakat Sehat (GERMAS) melalui ajakan “Ayo Olahraga” sehingga menjadikan masyarakat sehat dan bugar, serta untuk menggali potensi masyarakat yang berbakat olahraga dari desa/kelurahan.
“Jadi sebenarnya program ini untuk memancing motivasi masyarakat dalam membudayakan olahraga sehingga tumbuh minat untuk mencapai prestasi di bidang olahraga. Adapun peserta dari 6 cabang olahraga yang dipertandingkan terdiri dari siswa SD, SMP, SMA dan masyarakat umum,” pinta mantan Kadis Pemuda Olahraga Kota Makassar ini. (rls)

loading...
Comments

Copyright © 2017 Berita Kota Makassar.

To Top