Berita Kota Makassar | Ambo Dalle tempuh Jalur hukum, DPC Tolak Obama
Politik

Ambo Dalle tempuh Jalur hukum, DPC Tolak Obama

IST TOLAK--16 pengurus DPC Hanura se Sulsel bersama ketua dan sekretaris DPD Hanura Sulsel di Hotel Jolin, Jumat (12/5). 16 DPC tetap mendukung H Ambo Dalle sebagai Ketua DPD serta menolak Obama sebagai Plt Ketua.

MAKASSAR, BKM–Penonaktifan H Ambo Dalle sebagai Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Hanura Sulsel serta penunjukan H Bahar Ngitung MBA sebagai Pelaksanan Tugas (Plt) ketua berbuntut panjang.
Ambo Dalle tak ingin tinggal diam, namun mengumpulkan para pengurus Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Hanura se Sulsel di Hotel Jolin, Jumat (12/5).
Ambo Dalle yang pernah tercatat sebagai anggota DPRD Sulsel menilai ada kejanggalan dari SK yang diterbitkan Dewan Pimpinan Pusat (DPp) pada Senin (8/5) lalu dilanjutkan kedatangan wakil sekjen DPP Hanura Muktar Amna di Grand Clarion Selasa (9/5). ” Jadi keputusan ini saya terima, namun ada sedikit kejanggalan yang mesti dipertanyakan kembali,” kata Ambo Dalle, Jumat (12/5).
Setelah ditelusuri, didalam SK di poin kedua menjelaskan bahwa terhitung sejak berlakunya SK ini maka dinyatakan DPP Hanura nomor SKEP/ 025 A/DPP – Hanura-IV/ 2016 28 April 2016 tentang susunan pengurus DPD Partai Hanura Provinsi Sulsel masa bakti 2015-2020 tetap berlaku. Kecuali menyangkut saudara Ambo Dalle sebagai Ketua DPD Hanura Sulsel. “Inikan lucu, seharusnya dibekukan secara keseluruhan SK yang diterbitkan pada 2016 itu. Karena Ketua dan pengurus itu satu kesatuan. Karena kepengurusan itu adalah kolektif,” katanya.
Ia menganggap kalau keluarnya keputusan ini sebagai bentuk penzaliman kader, sebab dilakukan tanpa alasan yang jelas dengan langsung memberhentikan ketua tanpa mekanisme yang berlaku.
Ia menegaskan bahwa dirinya akan melakukan upaya hukum dan melaporkan hal ini ke Mahkamah Partai. “Saya akan menghadap ke mahkamah partai dan menuntut ke pengadilan,” katanya. Apa yang dilakukan tidak sesuai dengan konstitusi. Kok langsung di Pltkan dan apa dasarnya,” jelasnya.
Sebagai bentuk keprihatinan terhadap ketua yang diberhentikan, 16 DPC yang hadir langsung menyampaikan pernyataan sikap dan mendukung langkah hukum yang akan diambil Ambo Dalle.
Dua poin yang menjadi kesepakatan 16 DPC yakni mendukung Ambo Dalle tetap kembali menjadi Ketua DPD Hanura Sulsel serta menolak Bahar Ngitung sebagai Plt ketua DPD. ” Langkah ini bukan untuk berjuang bahwa mau menjabat kembali sebagai ketua. Namun ini adalah untuk mengembalikan nama baik saya, karena saya merasa dizalimi,”jelas Ambo Dalle.
Sebelumnya, Mukhtar Amna mengemukakan bila Obama atau Bahar Ngitung ditunjuk sebagai Plt Ketua DPD dengan tugas untuk menata partai. Mantan anggota DPR RI ini juga berharap ada Musdalub guna memilih kepengurusan yang kuat. (rif)

Comments

Copyright © 2017 Berita Kota Makassar.

To Top