Sulselbar

ABM-Enny Akhirnya Menjabat Gubernur dan Wagub Sulbar

INT SAMBUTAN -- Pasangan Gubernur dan Wagub Sulbar, Ali Baal Masdar-Enny Anggraeny, menyampaikan sambutan pada rapat pleno terbuka penetapan pasangan calon gubernur dan wakil gubernur terpilih, beberapa hari lalu. Pada Jumat kemarin, keduanya resmi dilantik oleh Presiden RI, Joko Widodo sebagai Gubernur dan Wakil Gubernur Sulbar periode 2017-2022 di Istana Negara.

MAKASSAR, BKM — Pasangan Ali Baal Masdar (ABM) dan Enny Anggraeny (Enny) akhirnya resmi menjabat sebagai gubernur dan wakil gubernur Sulbar periode 2017-2022. Pelantikan keduanya dilakukan di Istana Negara oleh Presiden RI, Joko Widodo, Jumat sore (12/5).
Prosesi upacara pelantikan diawali di Istana Merdeka, di mana Presiden Jokowi didampingi Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo secara resmi menyerahkan petikan Keputusan Presiden (Keppres) kepada para calon gubernur dan wakil gubernur.
Selain Ali Baal Masdar-Enny Anggraeny, Presiden Joko Widodo juga melantik empat pasangan gubernur dan wakil gubernur, masing-masing pasangat Dominggus Mandacan-Mohamad Lakotani dari Provinsi Papua Barat, Wahidin Halim-Andhika Hazrumy dari Provinsi Banten, Rusli Habibie-Idris Rahim dari Provinsi Gorontalo, dan Erzaldi Rosman-Abdul Fatah dari Provinsi Bangka Belitung.
Mereka dilantik terlebih dulu menyusul Akhir Masa Jabatan (AMJ) yang telah jatuh tempo. Masa jabatan Gubernur Sulawesi Barat telah berakhir pada 14 Desember 2016, Gubernur Banten berakhir sejak 11 Januari 2017, Gubernur Gorontalo pada 16 Januari 2017, Gubernur Papua Barat pada 17 Januari 2017, dan Gubernur Bangka Belitung pada 7 Mei 2017.
Pada kesempatan tersebut, Presiden Jokowi juga melantik Wan Thamrin Hasyim sebagai Wakil Gubernur Riau untuk sisa masa jabatan 2014-2019. Wan Thamrin Hasyim dipilih sebagai Wakil Gubernur setelah terjadi kekosongan untuk posisi Wakil Gubernur Riau, sejak Annas Maamun tertangkap Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) karena kasus korupsi APBD Riau, pada tahun 2014 lalu.
Pada Pilkada Serentak 2017, sebanyak tujuh provinsi menggelar pemilihan kepala daerah pada 15 Februari lalu, yaitu Provinsi Nanggroe Aceh Darussalam, Bangka Belitung, DKI Jakarta, Banten, Gorontalo, Sulawesi Barat, dan Papua Barat. (int)

loading...
Comments

Copyright © 2017 Berita Kota Makassar.

To Top