Headline

Waspada, Makanan Kadaluarsa Beredar Jelang Ramadan

MAKASSAR, BKM — Menjelang ramadan, Dinas Perdagangan (Disdag) Kota Makassar intens menggelar operasi pasar (opas). Baik di pasar tradisional maupun modern.
Tujuannya, untuk memastikan produk yang dijual di pasar aman dikonsumsi oleh masyarakat. Opas yang dilaksanakan mulai awal pekan ini menyasar makanan kadaluarsa yang beredar bebas di pasaran.
Kepala Bidang Pengawasan dan Penindakan Disdag Makassar, Syahruddin menyebut operasi pasar telah dilakukan di pasar modern seperti Lotte Mart, Carrefour Mall Panakukang dan Hypermart. Hasilnya, di salah satu tempat tersebut ditemukan makanan instan kadaluarsa.
”Ditemukan ada mi instan kadaluarsa. Jumlahnya tidak banyak. Kami langsung sita dan dibuatkan berita acara. Makanan itu ditarik karena keteledoran manajemennya,” kata Syahruddin, Kamis (11/5).
Ia meminta agar masyarakat waspada dengan peredaran makanan kadaluarsa ini. Syahruddin pun berjanji akan terus melaksanakan opas. Karena salah satu tujuannya adalah untuk menjaga ketersediaan sembako menjelang dan selama bulan ramadan.
Selain dengan melakukan operasi pasar, partisipasi aktif masyarakat juga sangat diharapkan. Utamanya ketika menemukan adanya dugaan penimbunan sembako, agar segera melaporkan ke Disdag Makassar.
Dihubungi terpisah, Direktur Utama PD Pasar Makassar Raya, Rahim Bustam mengatakan dalam waktu dekat pihaknya mulai turun melakukan operasi di sejumlah pasar tradisional.
Ketika operasi dilakukan dan menemukan ada pedagang yang menjual makanan kadaluwarsa dan melakukan penimbunan sembako, pihaknya akan koordinasi dengan pihak terkait untuk kemudian memberikan tindak tegas kepada mereka yang melakukan pelanggaran.
“Tempatnya kami tidak bisa sebutkan. Jelasnya dalam waktu dekat. Apakah itu besok atau kapan, pasti kita turun,” tandasnya. (arf/rus)

loading...
Comments

Copyright © 2017 Berita Kota Makassar.

To Top