Sulselbar

Perpustakaan Desa Paccone Miliki 1.000 Buku

BKM/IRWAN MUSA LOMBA -- Perpustakaan Desa Paccone Belopa Utara, Luwu memiliki 1.000 buku bacaan

LUWU, BKM — Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Luwu, menambah jumlah koleksi bukunya. Hal itu menyusul akan hadirnya 1000 buku referensi terbaru. Buku-buku tersebut didatangkan langsung dari salah satu mitra percetakan buku di Jakarta.
Kepala Bidang Pengembangan Sumber Daya Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Luwu, Suharti SE MM mengatakan bahwa buku-buku tersebut bertemakan tentang agama, kesehatan, pendidikan dan umum. “Kami terus berbenah. Salah satunya, memenuhi kebutuhan buku referensi bagi masyarakat. Dalam waktu ini kita akan mengdatangkan tambahan buku referensi sebanyak 1.000 eksamplar,” tutur Suharti, Kamis (11/5)
Pihaknya juga ikut membantu dan memfasilitasi perpusatakaan sekolah hingga perpustakaan desa. “Semua SD, SMP, dan 110 desa sudah kami bina dalam pengembangan perpustakaannya. Untuk saat ini, kami fokus pada perpustakaan Desa Paconne, Belopa Utara. Perpustakaan Paccone ikutan pada lomba perpustakaan tingkat provinsi. Kita targetkan bisa tembus level nasional dan juara,” harapnya.
Menurut Suharti, kesiapan Perpustakaan Desa Paconne sudah mencapai 100 persen. “Sekarang sudah lengkap. Bukunya 2000 eksamplar. Ada WiFi, taman, ruang baca yang terpisah dengan kantor desa. Ini satu-satunya di Kabupaten Luwu yang terpisah gedungnya. Sehingga, jika melihat kriteria yang menjadi persyaratan lomba selama ini, yakni harus terpisah gedungnya, melebihi 40 eksamplar koleksian bukunya, ada ruang baca, dan ada tempat pertemuan, maka Paconne bisa meraih juara tingkat provinsi hingga tembus nasional,” jelas Suharti.
Selain Desa Paconne, pihaknya juga tengah membantu dua perpustakaan desa di daerah Walenrang dan Lamasi.
“Dua desa ini rencananya akan mendapatkan bantuan dari pusat berupa buku dan rak buku. Semoga semuanya berjalan lancar. Makanya, kami pun intens turun ke lapangan melakukan pembinaan terhadap perpustakaan desa dan sekolah yang ada di Kabupaten Luwu,” tandas Suharti (wan/C)

Comments

Copyright © 2017 Berita Kota Makassar.

To Top