Metro

Pangdam Komitmen Bantu Sosialisasikan Program KB

MAKASSAR, BKM — Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Perwakilan Sulawesi Selatan ditarget oleh BKKBN Pusat sebanyak 45.909 akseptor KB baru. Terdiri dari IUD 13.314, implant 29.069, MOW 2.780 serta MOP 746.
”Bakti sosial TNI Manunggal KB-Kesehatan diharapkan dapat membantu pencapaian target program KKBPK (MKJP) yang diberikan oleh BKKBN Pusat,” kata Kepala BKKBN Perwakilan Sulsel Hj Rini Riatika Djohari pada pencanangan baksos TNI Manunggal KB-Kesesehatan tahun 2017 di RS Pelamonia, Rabu (10/5).
Disebutkan Rini, baksos melibatkan berbagai mitra kerja lain. Tidak hanya berfokus pada pelayanan KB semata. Tapi juga meliputi kegiatan prioritas yang berkaitan dengan masalah kependudukan dan pembangunan keluarga.
Dalam kesempatan itu, Rini memberi apresiasi terhadap TNI yang selama ini terus berkomitmen dalam penyuluhan dan pergerakan program KB. Sejarah mencatat TNI merupakan salah satu mitra kerja yang tidak pernah berhenti mendukung program KB. Bahkan di saat program KB mengalami stagnasi, TNI tetap berkomitmen mendukungnya.
Pangdam XIV/Hasanuddin Mayjen TNI Agus Surya Bakti usai pencanangan, menegaskan sikap institusinya untuk mendukung BKKBN mensosialisasikan program KB di tengah masyarakat. Namun ia mengingatkan bahwa hal ini bukan hanya tanggung jawab TNI. Namun semua elemen masyarakat.
”TNI selalu siap membantu BKKBN dalam mensosialisasikan program KB. Dengan pencanangan TNI manunggal KB-kesehatan ini, masyarakat akan semakin memahami arti pentingnya program KB dalam kaitannya dengan kesejahteraan,” kata Pangdam.
Tak lupa Agus menyampaikan, bahwa dalam memberi penjelasan dan pemahaman kepada masyarakat hendaknya dilakukan sesuai dengan adat istiadat serta norma yang berlaku. Juga tidak melanggar agama. Dengan begitu, program ini bisa berhasil.
”Yang perlu disampaikan adalah bahaya terjadinya ledakan penduduk. Karena itu bisa membuat orang gelap mata. Terkendalinya pertumbuhan penduduk akan berdampak pada peningkatan kesejahteraan masyarakat,” ujar Agus.
Usai pencanangan, Pangdam didampingi Kepala BKKBN Perwakilan Sulsel meninjau pelayanan KB. Terdiri dari IUD 20 akseptor, implant 180 akseptor dan MOP 23 akseptor. (rus)

loading...
Comments

Copyright © 2017 Berita Kota Makassar.

To Top