Berita Kota Makassar | Bupati Canangkan Gerakan Literasi
Gojentakmapan

Bupati Canangkan Gerakan Literasi

MAROS, BKM — Bupati Maros, HM Hatta Rahman mencanangkan gerakan literasi tingkat Sekolah Dasar (SD). Pencanangan dilakukan di SDN 83 Padang Setang, Desa Borikamase, Kecamatan Maros Baru, Selasa (9/5). Pencanangan ini juga sekaligus dengan pameran literasi dari berbagai sekolah se-kecamatan Maros Baru. Turut hadir Ketua DPRD Maros, AS Chaidir Syam.
Meski baru dicanangkan, namun literasi di sekolah-sekolah di Kecamatan Maros Baru sudah dijalankan. Dimana, disediakan waktu 15 menit untuk membaca sebelum pelajaran dimulai. Hal ini diungkapkan Kepala Dinas Pendidikan Maros, Arifuddin Wahab.
”Sekolah-sekolah sudah menjalankan program literasi. Bahkan, hari ini ada pameran yang berisi model literasi yang diterapkan di sekolah masing-masing. Para pengajar membuat sedemikian rupa sudut baca, lorong baca agar menarik anak didik untuk membaca,” paparnya.
Sedangkan Bupati Maros, HM Hatta Rahman, mengatakan, program literasi ini agar tidak hanya menyentuh kalangan pendidik dan anak didik. Tapi harus dimasyarakatkan. Sehingga masyarakat juga memiliki budaya membaca.
”Harus dijelaskan literasi itu apa. Sehingga masyarakat juga tahu. Karena saya yakin, masyarakat awam tidak tahu apa itu literasi. Jangan sampai ini hanya sampai ditingkat sekolah. Tapi masyarakat juga harus memiliki budaya membaca,” ujar Hatta.
Hatta menambahkan, pemerintah kabupaten melalui dinas pendidikan mendukung penuh program literasi ini. Salah satunya dengan menyediakan iPad di beberapa sekolah yang isinya puluhan ribu judul buku digital (e-book). ”Selanjutnya kita evaluasi. Jika efektif, maka akan kita lanjutkan pengadaan iPad di sekolah-sekolah,” pungkas Hatta. (ari/mir/c)

Comments

Copyright © 2017 Berita Kota Makassar.

To Top