Sulselbar

12 Calon Varietas Bibit Dicoba di Timusu

TANAM -- Peneliti Litbang Kementerian Pertanian RI Hani yang sementara melakukan penanaman benih padi tampa nama Veritas bersama penyuluh pertanian Kabupaten Soppeng

SOPPENG, BKM — Kementerian Pertanian RI terus melakukan inovasi guna peningkatan kesejahteraan petani Indonesia termasuk mencoba mengurangi beras impor yang berkualitas tinggi yakni seperti beras bangi.
Sehingga untuk bisa memenuhi kebutuhan beras berkualitas seperti ini, kini di Desa Timusu Kecamatan Liliriaja Kabupaten Soppeng. Melakukan uji coba 12 calon varietas benih padi yang nantinya diharapkan mempunyai kualitas tinggi yaitu ada jenis beras hitam, beras merah, beras mentik wangi dan beras ketan.
Pelaksanaan uji coba penelitian benih ini, oleh Pemkab Soppeng melalui Dinas Pertanian Kab Soppeng, menggandeng Litbang Kementerian Pertanian RI melalui Balai Besar Penelitian Padi berkedudukan di Bogor serta dari
Dinas Pertanian Provinsi Sulsel.
Kepala Litbang Kementerian Pertanian RI Hani menyebutkan untuk di Sulsel ada dua daerah perogram yang sama seperti di Timusu yakni Kabupaten Gowa Sulsel, Bali, Sumatra dan seluruh pulau Jawa.
Varietas padi yang masih tampa nama ini, setelah nantinya melalui uji coba dan penelitian dan hasilnya bagus baru direkomendasikan untuk sebagai benih unggul dan baru dikasih nama jenis Varietas dan tidak menutup kemungkinan nama Varietas nya nanti diberi nama benih Timusu. (fir)

loading...
Comments

Copyright © 2017 Berita Kota Makassar.

To Top