Gojentakmapan

Legislator Boven Digoel Telisik Cara Kelola Keuangan

BKM/IST CINDERAMATA- Ketua DPRD Boven Digoel, Ayub Santi menyerahkan cinderamata kepada Asisten I Bidang Pemerintahan, H Marzuki M dan Kabag Umum Setwan Gowa, Firdaus.

GOWA, BKM — Keberhasilan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gowa dalam pengelolaan keuangan daerah menjadi dorongan jajaran legislator Kabupaten Boven Digoel, Provinsi Papua untuk belajar. Selasa siang kemarin (9/5), rombongan wakil rakyat Boven Digoel dipimpin Ketua DPRD Boven Digoel, Ayub Santi, berkunjung ke Pemkab Gowa.
Kunjungan kerja ini disambut bupati Gowa diwakili Asisten 1 Bidang Pemerintahan dan Kesra Setkab Gowa, H Marzuki M didampingi Kepala Badan Pengelola Keuangan Daerah Gowa, Abd Karim Dania, Kepala Badan Pendapatan Daerah Gowa, H Ismail Madjid serta Kabag Umum Sekretariat DPRD Gowa dan sejumlah Kabag lingkup Setkab Gowa.
Ayub Santi yang turut didampingi Ketua Komisi B DPRD Boven Digoel, Gultom, mengatakan, tujuannya mendatangi Gowa untuk menggali informasi tentang bagaimana tata kelola keuangan daerah yang memungkinkan bisa diadopsinya untuk Boven Digoel.
”Kami kenal Kabupaten Gowa karena seabrek prestasinya dan sampai juga ke daerah kami. Yang kami tahu, Gowa sebagai kabupaten terbaik dalam pengelolaan keuangan daerah,” jelas Ayub.
Ayub menambahkan, Kabupaten Boven Digoel merupakan kabupaten baru hasil pemekaran di Papua pada tahun 2004. ”Kami coba datang ke Gowa untuk berguru kepada Pemkab Gowa yang telah mapan dalam pengelolaan APBD dan merupakan kabupaten terbaik di Indonesia Timur. Sebab kami di Boven Digoel mendapat disclaimer selama dua tahun dalam pengelolaan keuangan daerah,” katanya.
Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesra Setkab Gowa, H Marzuki yang menerima rombongan ini di Baruga Krg Pattingalloang mengatakan, selama lima tahun berturut-turut Pemkab Gowa meraih opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) atas pengelolaan keuangan daerah dari hasil pemeriksaan keuangan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI Perwakilan Sulsel.
”Keberhasilan ini merupakan hasil kerja keras seluruh pihak jajaran Pemkab Gowa. Yakni dengan melakukan kapitalisasi dan penyusutan aset serta berupaya untuk terus mempertahankannya pada tahun-tahun mendatang melalui komitmen bersama seluruh jajaran Pemkab Gowa. Sehingga WTP ini dapat terus dipertahankan hingga lima tahun berturut-turut,” jelas Marzuki.
Selain pengelolaan keuangan daerah, legislator asal Papua ini juga mempelajari pengelolaan keuangan Alokasi Dana Desa (ADD) dan pelaksanaan program pendidikan gratis serta berbagai program pembangunan Kabupaten Gowa. (sar/mir)

loading...
Comments

Copyright © 2017 Berita Kota Makassar.

To Top