Metro

Kembangkan Urban Farming, BPP PISPI Gelar Pelatihan

MAKASSAR, BKM–Perhatian terhadap lingkungan tidak hanya untuk kehutanan, namun perkebunan juga cukup mendapat perhatian. Dengan semakin terbatasnya lahan akibat pembangunan, membuat kegiatan berkebun jarang ditemukan di kota. Terlebih lagi tidak tersedianya waktu bagi masyarakat kota yang cenderung disibukkan dengan pekerjaan.
Namun, tahukah bahwa kini berkebun pun tidak mustahil dilakukan di kota. Kegiatan ini lebih dikenal dengan sebutan Urban Farming.
Sejumlah perwakilan dari Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Sulsel, PISPI, LKMI, LPMI dan beberapa perwakilan mahasiswa Unhas menerima program pelatihan kemandirian masyarakat melalui model urban farming.
Kegiatan ini diselenggarakan oleh Badan Pengurus Pusat Perhimpunan Sarjana Pertanian Indonesia (BPP PISPI) yang bekerjasama dengan PB IDI.
Ketua OKK BPP PISPI, Kamhar Lakumani mengatakan, kegiatan itu adalah bentuk pelatihan bertanam dengan metode hidroponik. Dimana sengaja ia lakukan dengan melihat kondisi perkotaan yang padat.
“Pengembangan Urban Farming melalui pelatihan Hidroponik tentu sangat berguna apalagi di kondisi perkotaan saat ini. Jika kita mengetahui pengembangan urban farming ini maka bisa kita memanfaatkan ruang yang ada tanpa lahan yang banyak,” katanya saat di temui di Gedung IPTEK, Kampus Unhas, Selasa (9/5).
Mereka yang mengikuti kegiatan ini pun tampak antusias, apa yang telah diberikan dalam pelatihan diharapkan dapat diimplementasikan untuk pengembangan di tempat masing-masing.
“Jadi bisa dikatakan, urban farming atau berkebun di kota muncul sebagai jawaban atas kegelisahan masyarakat menyikapi semakin terbatasnya lahan. Diperparah dengan tingkat polusi dan minimnya kawasan hijau membuat kota semakin gersang. Mereka yang masih peduli dengan lingkungan pun mencoba mencari jawaban atas kegelisahan ini. Dari sinilah konsep urban farming lahir dan akhirnya dikenal secara luas,” jelasnya.
Sekedar diketahui, BPP PISPI bersama PB IDI akan melaksanakan beberapa rangkaian kegiatan di Makassar. Sebelumnya juga telah dilaksanakan seminar Gizi Nasional dalam rangka PHBDI ke 109 di Kampus Unhas. ” Masih ada beberapa rangkaian kegiatan lagi seperti kelas inspirasi dan rembug nasional,” jelasnya. (rls)

Comments

Copyright © 2017 Berita Kota Makassar.

To Top