Berita Kota Makassar | Baruga Sangiaseri akan Dibongkar
Metro

Baruga Sangiaseri akan Dibongkar

MAKASSAR, BKM — Pemerintah Provinsi Sulsel dalam waktu dekat berencana membongkar gedung pertemuan yang berada di kawasan Rumah Jabatan Gubernur Sulsel, Baruga Sangiaseri.
Pembongkaran itu dilakukan karena sudah ada ruang pertemuan baru yang dibangun lebih representatif yakni Baruga Karaeng Pattingalloang.
Menurut rencana, lokasi tempat berdirinya Baruga Sangiaseri itu akan dijadikan Ruang Terbuka Hijau (RTH) dan parkir kendaraan.
Untuk membongkarnya, kata Kepala Biro Umum dan Perlengkapan Pemprov Sulsel, Malik Faisal, butuh proses administrasi bertahap.
“Pak Gubernur sudah menginstruksikan ke kami untuk segera membongkar baruga itu. Sudah digelar rapat yang dipimpin Asisten 3 untuk membicarakan hal itu, ” ungkapnya, Selasa (9/5).
Dia melanjutkan, tahap pertama yang akan dilakukan adalah mengusulkan penghapusan Baruga Sangiaseri sebagai aset Pemprov Sulsel. Setelah itu, Biro Aset akan membentuk tim untuk menentukan taksasi atau perkiraan nilainya dan dilakukan proses lelang. Walau bangunan tua yang usianya sudah puluhan tahun, namun sejumlah material yang ada di Baruga Sangiaseri masih cukup banyak yang bisa dimanfaatkan. Seperti tiang-tiang kokoh penopang gedung yang materialnya berasal dari kayu sangat kuat. Kaca-kaca tebal dan masih banyak lagi.
Malik mengatakan, memang saat ini, pihaknya masih membutuhkan sambungan listrik yang ada di Baruga Sangiaseri karena kapasitas listrik terpasang di Baruga Karaeng Pattingalloang masih sangat minim.
“Kebutuhan listrik di Baruga Karaeng Pattingalloang sekitar 100 ribu sementara yang terpasang masih minim. Makanya kalau ada acara, kita masih mencantol listrik dari Baruga Sangiaseri yang kapasitasnya 66 ribu, ” ungkapnya.
Dia melanjutkan, kapasitas 100 ribu di Baruga Pattingalloang untuk penggunaan sejumlah peralatan mulai dari 10 unit AC sentral, sound system, lampu, dan lainnya.
Sebelumnya, Kepala Dinas Perumahan, Kawasan Pemukiman dan Pertanahan, Andi Bakti Haruni menjelaskan terkait rencana pembongkaran Baruga Sangiaseri tersebut. Menurut dia, area itu nantinya akan dijadikan RTH dan tempat parkir kendaraan. Namun pihaknya masih menunggu proses pembongkaran untuk selanjutnya diusulkan agar bisa dianggarkan.
“Iya nanti disitu akan dijadikan ruang terbuka hijau dan lahan untuk parkir. Tapi kita tunggu dulu prosesnya. Setelah itu baru kita masuk untuk membenahi, ” pungkasnya. (rhm)

Comments

Copyright © 2017 Berita Kota Makassar.

To Top