Sulselbar

Cakka Raih MPPI Award

TERIMA -- Bupati Luwu Andi Mudzakkar meraih penghargaan pada Penas-KTNA XV di Banda Aceh dari MPPI Award oleh Universitas Muhammadiyah Banda Aceh, Minggu (7/5).

LUWU, BKM — Konsistensi Bupati Luwu Andi Mudzakkar mengusung pembangunan di sektor pertanian dalam kurun waktu delapan tahun terakhir berbuah manis.
Cakka meraih penghargaan diajang Pekan Nasional Kontak Tani Andalan (Penas KTNA) XV di Banda Aceh, berupa penghargaan Masyarakat Perbenihan dan Perbibitan Indonesia (MPPI) Award oleh Universitas Muhammadiyah Banda Aceh, Minggu (7/5).
Komitmen Cakka membangun sektor pertanian ini tidak sendiri. Karena ada juga beberapa kepala daerah yang memperlihatkan komitmen membangun sektor pertanian diwilayahnya masing-masing.
Beberapa pejabat teras daerah yang ikut menerima MPPI Award bersama Cakka diantaranya, Gubernur Aceh, Gubernur Jawa Barat, Gubernur Nusa Tenggara Barat, Bupati Dompu, Bupati Sorong Selatan, Bupati Kepulauan Banggai, Bupati Bener Meriah Aceh dan Taman Buah Mekarsari.
Kadis Pertanian Luwu HA Pangerang mengatakan, Sukses Bupati Luwu meraih MPPI Award ini karena komitmennya membangun sektor pertanian. Instalasi Kebun Benih (IKB) Ponrang menjadi saksi betapa kemajuan sektor perbenihan dan pembibitan mampu menopang benih padi unggul untuk ratusan kelompok tani di kabipaten Luwu.
“IKB Ponrang memiliki penangkaram benih padi hingga 100 hektar. Benih padinya bahkan mendapat sertifikasi pemerintah RI melalui Balai Perbenihan Maros, ” ungkap Andi Pangerang
Tak hanya mampu memproduksi benih padi unggul untuk petani di Luwu, IKB Ponrang bahkan sudah melempar benih padi unggul ke daerah lain di Sulawesi Selatan dan hasilnya mampu menambah pundi-pundi PAD untuk Pemkab Luwu.
“PAD dari perbenihan di IKB Ponrang sudah mencapai diatas Rp 500 juta pertahun. Menariknya penangkaran perbenihan unggul di IKB Ponrang melibatkan partisipasi kelompok tani sehingga ikut menikmati hasil penjualan benih padi unggul tersebut ” tandas Andi Pangerang (wan/C)

loading...
Comments

Copyright © 2017 Berita Kota Makassar.

To Top