Sulselbar

TNI Gelar Operasi Katarak Gratis

IST OPERASI KATARAK -- TNI Melalui Kodim 1403 menggelar operasi katarak bagi masyarakat kurang mampu.

MAMUJU, BKM — Personel TNI dari Kodim 1403/Swg bekerjasama Persatuan Dokter Mata Indonesia (Perdami), Kerukunan Keluarga Tana Luwu (KKTL). Kerukunan Keluarga Basesong Tempe (KKBS), Pemda Luwu, dan Karang Taruna Luwu (KTL), menggelar bakti sosial berupa operasi katarak gratis.
Operasi katarak ini dilaksanakan di ruang Poliklinik Mata RSUD Batara Guru, Jalan Lingkar Beton Kecamatan Belopa, Kabupaten Luwu, akhir pekan lalu. Operasi katarak ini dihadiri tim dokter dari pusat, masing-masing dr H Andi Arus Viktor, dr Aarfhy, dr H Hafid Pasiangan, dan dr Fahmiyanti Arsi (dokter spesialis mata RSUD Batara Guru).
Pada kesempatan tersebut, dr Fahmiyanti mengatakan, untuk kegiatan ini melibatkan sebanyak enam orang dokter spesialis mata dari Jakarta dan Makassar. Sasaran peserta operasi katarak gratis adalah orang yang belum memiliki kartu jaminan kesehatan.
Panitia pelaksana menargetkan 50 sampai 100 orang yang akan mengikuti operasi katarak. Salah satu tujuan dari operasi katarak adalah untuk membantu meringankan beban masyarakat kurang mampu.
Sebelum operasi katarak, tim dokter akan memeriksa terlebih dahulu apakah calon pasien mengalami buta katarak atau tidak. Setelah pemeriksaan mata, maka akan ditentukan apakah yang bersangkutan bisa ikut operasi atau tidak.
Kegiatan operasi katarak akan dilaksanakan selama dua hari, yaitu tanggal 6 sampai 7 Mei 2017. Untuk tanggal 6 Mei, kegiatan pemeriksaan awal dan kegiatan operasi katarak. Sedangkan untuk tanggal 7 Mei dilaksanakan kegiatan kontrol bagi pasien yang sudah dioperasi. Tapi apabila masih ada pasien yang menyusul kemudian hasil pemeriksaan awalnya menyatakan harus dioperasi maka pasien tersebut akan dilakukan operasi.
Adapun jumlah calon pasien yang mendaftar sebanyak 113 orang disiapkan oleh Babinsa dari Koramil Wilayah Luwu yg berasal wilayah binaan masing-masing. Namun setelah diadakan pemeriksaan, hanya 31 orang yang memenuhi syarat untuk dilakukan operasi. Kegiatan ini juga sama yang dilaksanakan di Rumah Sakit Umum Ilagaligo Wotu, Kabupaten Luwu Timur (Lutim) yang berlangsung pada tanggal 8 sampai 9 Mei 2017
Kegiatan yang telah dilakukan personel TNI ini, salah satunya adalah untuk mewujudkan kepedulian Kodim bersama komponen lainnya. Dalam hal masalah menangani pada masyarakat kurang mampu, yakni yang mengalami gangguan penyakit mata katarak.
”Tujuan kami adalah membantu masyarakat kurang mampu yang mengalami penyakit katarak dan ditangani melalui operasi. Sehingga mereka yang telah menjalani operasi katarak gratis di tempat ini, sudah bisa kembali beraktivitas seperti semula,” kata Dandim 1403/Swg, Letkol Kav Cecep Tandi. (ala/mir/c)

loading...
Comments

Copyright © 2017 Berita Kota Makassar.

To Top