Sulselbar

Siswa Komitmen tak Konvoi

BANTAENG, BKM — Prilaku atau karakter menjadi poin penting dari tiga persyaratan penentuan kelulusan siswa. Hal ini diungkapkan Syafaruddin, Kepala SMA Negeri 4 Bantaeng.
Dia mengemukakan kekhawatirannya apabila siswa tidak membekali diri dengan akhlak atau prilaku yang baik.
“Prilaku seseorang akan menentukan masa depannya”, katanya.
Oleh karena itu, jika ada siswa yang berprilaku kurang atau tidak baik, dia sendiri yang langsung berhadapan dengan siswa tersebut melalui pendekatan persuasif.
Syafaruddin mengatakan, ada beberapa kasus kenakalan siswa yang menyebabkan guru menyerah. Bahkan berujung kepada usulan pemecatan siswa dari sekolah.
Sebagai Kepsek, Syafaruddin memiliki tanggungjawab ganda. Selain sebagai pengajar, dia juga berkewajiban membentuk karakter siswa agar berprilaku sesuai dengan norma-norma yang berlaku di tengah masyarakat.
Dalam sambutannya, Syafaruddin mengaku ada satu hal yang paling berkesan di dalam memory pikirannya. Kata dia, guru tersebut sudah frustrasi menghadapi siswa yang nakal.
“Ada teman (guru) mau mematikan kreatifitas anak disebabkan kenakalannya. Saya minta supaya saya diberi kesempatan untuk membina siswa tersebut”, kenangnya.
Syafaruddin mengadakan pendekatan persuasif dengan melibatkan orang tua siswa yang bersangkutan. “Alhamdulillah, prilaku siswa berubah menjadi tidak nakal berkat kerjasama dengan orang tua”, paparnya.
Tahun ini, kata dia, sekolanya menamatkan 333 siswa dari 334 yang ikut ujian. “Satu orang tidak lulus karena ada nilainya kosong”, jelasnya.
Hal penting lainnya yang patut diteladani dari kepemimpinan Syafaruddin adalah, komitmen yang dibangun bersama seluruh siswa yang lulus. Bahwa, pesta penamatan akan digelar secara meriah di Balai Kartini, Sabtu (6/5), kalau sepakat tidak ada konvoi dan coret-coret baju.
Walau komitmen tersebut disetujui seluruh siswa yang tamat, namun Syafaruddin tetap mminta seluruh orang tua untuk mendampingi putera puteri masing-masing. “Kami tetap meminta orang tua masing-masing untuk mendampingi anaknya, hadir dalam acara penamatan”, pungkasnya. (wam/C)

loading...
Comments

Copyright © 2017 Berita Kota Makassar.

To Top