Sulselbar

Pemprov Sulbar Komit Tingkatkan Daya Saing

MAMUJU, BKM — Dalam rangka mewujudkan Nawacita kabinet kerja kelima dan keenam, yakni meningkatkan kualitas hidup Bangsa Indonesia, faktor yang penting adalah meningkatkan produktivitas dan daya saing angkatan kerja Indonesia.
Permasalahan ketenagakerjaan saat ini masih cukup besar, kompleks dan multifungsional, antara lain berupa tingkat pengangguran terbuka dan tingkat pengangguran yang cukup tinggi, keterampilan produktivitas dan daya saing angkatan kerja yang masih rendah.
”Kegiatan semacam ini sangat penting dan strategis dalam upaya kita mengurangi tingkat pengangguran,” ucap Maddareski Salatin saat membuka acara pameran kesempatan kerja atau Job Fair di aula Hotel Grand Mutiara, Rabu (3/5).
Pameran yang diikuti 27 Perusahaan yang ada di Provinsi Sulawesi Barat. Maddareski menyampaikan, hubungan industrional yang masih labil yang diwarnai demonstrasi dan pungutan kerja dapat mengganggu investasi serta proses produksi.
Permasalahan tersebut dapat diatasi melalui penciptaan kesempatan kerja atau pameran kesempatan kerja. Mantan Kepala Biro Humas tersebut juga mengatakan, perkembangan ketenagakerjaan di Provinsi Sulbar, berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS) Tahun 2015 jumlah penduduk 1.237 jiwa.
Dari jumlah tersebut ada 616.649 itu angkatan kerja. Dari jumlah angkatan kerja tersebut, 20.644 yang masuk di dalam kategori pengangguran. Sedangkan tingkat pengagguran di tahun 2016 sebanyak 3,35 persen. Tingkat pengagguran sampai saat ini masih tersebar di Sulbar. (ala/mir/c)

Comments

Copyright © 2017 Berita Kota Makassar.

To Top