Headline

Hadirkan Layanan Hemodialisa Terbaik di Indonesia

Dr H Muhammad Yamin, Kadis Kesehatan dan Plt Direktur RSU Andi Makkasau Parepare

PEMERINTAH Kota Parepare di bawah komando DR HM Taufan Pawe, tak henti-hentinya membuat gerbarakan di bidang kesehatan. Teranyar, kota yang tengah menuju industri kesehatan ini menghadirkan layanan khusus hemodialiasa (cuci darah) terbaik di Indonesia.

Laporan: Samiruddin

SEBAGAI Kepala Dinas Kesehatan dan Pelaksana Tugas (Plt) Direktur Rumah Sakit Umum Andi Makassau Kota Parepare, dr H Muhammad Yamin sadar betul akan kebutuhan masyarakat saat ini. Ia kemudian menerjemahkan keinginan wali kota sesuai visi dan misinya di bidang pelayanan kesehatan.
Sejak mendapat kepercayaan memimpin RS Andi Makkasau, telah banyak perubahan yang terjadi. Baik fisik bangunan, maupun penyediaan sarana kesehatan.
”Sebagai penanggung jawab RS Andi Makkassau, saya harus mampu menerjemahkan keinginan Pak Wali. Karena itu, langkah yang saya lakukan adalah bagaimana Kota Parepare memiliki daya tarik tersendiri di bidang kesehatan,” ujarnya.
Diprakarasi wali kota, RS Makkasau telah menjalin kerja sama dengan salah satu RS Kaikoukai Medical Foundation yang terletak di Nagoya, Jepang. RS ini secara spesifik bergerak di bidang hemodialisasi.
”Sudah dilakukan penandatanganan MoU (Memorandum of Understanding) dengan owner Kaikoukai Medical Foundation dalam bidang kesehatan. Khususnya hemodialisa terbaik di Indonesia,” terangnya.
Sebagai tindak lanjut dari kerja sama tersebut, pihak Kaikoukai Jepang telah memberikan bantuan alat cuci darah terbaik. Lengkap dengan system reserve osmosis (RO). Termasuk CT scan.
”Dengan alat yang kami terima ini, akan menjadikan Kota Parepare sebagai pusat cuci darah terbaik di Indonesia,” jelasnya.
Guna mengoperasikan peralatan yang telah diterima, Pemkot Parepare dengan Kaikokai Medical Fundation Jepang beranjak pada upaya peningkatan kualitas sumber daya manusia (SDM) di RS Andi Makkasau. Pihak RS telah mengirim tenaga medis perawat untuk belajar di Jepang agar bisa mengoperasikan alat kesehatan cuci darah tersebut.
Selain itu, pemkot juga mengirim lagi tenaga dokter untuk belajar di perusahan Koikokai Medical Group untuk belajar tentang kesehatan cuci darah.
”Komitmen Pemkot Parepare adalah menjadikan RSU Andi Makkasau sebagai rumah sakit cuci darah terbaik di Indonesia. Mudah-mudahan ini berjalan sesuai harapan. Sehingga kelak daerah lain bisa berkiblat ke kota ini,” tandasnya.
Kehadiran fasilitas dan layanan kesehatan terbaru ini, kata Yamin, akan membawa dampak lain terhadap masyarakat Kota Parepare. Sesuai dengan teori telapak kaki yang diinginkan Taufan Pawe.
”Sangat tepat taori tapak kaki yang diinginkan Pak Wali. Karena semua masyarakat daerah luar Kota Parepare fokus datang untuk berobat. Khususnya daerah yang rumah sakitnya tidak memiliki alat cuci darah seperti yang kami miliki,” imbuhnya.
Saat ini manajemen RSU Andi Makkasau telah menyiapkan 30 tempat tidur bagi pasien yang melakukan cuci darah dengan fasilitas canggih dari Jepang. (*/rus)

loading...
Comments

Copyright © 2017 Berita Kota Makassar.

To Top