Empat Sekolah Swasta Dibekukan – Berita Kota Makassar
Metro

Empat Sekolah Swasta Dibekukan

MAKASSAR, BKM — Dinas Pendidikan (Disdik) Sulsel menutup empat sekolah swasta di Kota Makassar. Empat sekolah tersebut yakni, SMA AMI Makassar, SMA Makassar Independent School dan SMA Mongisidi, serta satu sekolah kejuruan SMK Al Hidayah.

Penutupan dilakukan setelah disdik menemukan sejumlah pelanggaran yang dilakukan sekolah-sekolah pada saat pelaksanaan pekan integritas yang digelar beberapa waktu lalu. Itupun rekomendasi yang dikeluarkan oleh koordinator pengawas sekolah untuk dilakukan penutupan.
Pelanggaran yang ditemukan seperti manipulasi data. Mulai dari jumlah siswa yang belajar hingga ada sekolah yang tidak beroperasi lagi.
Kepala Dinas Pendidikan Sulsel, Irman Yasin Limpo mengatakan, beberapa sekolah ini masih tercatat di pihaknya. Tak hanya itu, pengurus atau data-data guru dan tenaga pendidik di sekolah juga masih ada dilaporkan.
“Kami membekukan sekolah-sekolah swasta itu. Ini rekomendasi pengawas dari pekan integritas. Rata-rata, sekolah ini sudah tidak ada muridnya, dan tidak ada aktifitas proses belajar mengajar,” katanya.
Selain itu, Disdik Sulsel akan melakukan pembinaan kepada beberapa sekolah lainnya yang ditemukan melakukan manipulasi data pokok pendidikan (Dapodik). Sekolah diminta untuk memperbaiki kekurangan yang ada selama ini.
Sementara itu, Koordinator Pengawas Disdik Sulsel Nurlaely Basir, membenarkan sekolah yang sudah direkomendasikan untuk ditutup tersebut memang tidak beroperasi. Karena itu, untuk menghindari penyalahgunaan izin operasi sekolah yang ada, sebaiknya dilakukan penutupan.
Lebih jauh, Nurlaely menyebutkan pelanggaran administratif yang ditemukan dalam pekan integritas hanya terjadi pada sekolah swasta. Motifnya, lanjut dia, bisa jadi karena sekolah tersebut hanya ingin bertahan hidup, atau menginginkan alokasi dana Biaya Operasional Sekolah (BOS) yang lebih besar.
Nurlaely menjelaskan, terdapat aturan yang di mana sekolah SMA dengan jumlah siswa lebih kecil dari 60 orang harus ditutup, sementara untuk SMK penutupan dilakukan untuk sekolah dengan jumlah siswa di bawah 45 orang, dan SLB di bawah 15 orang. (rhm)

Comments

Copyright © 2017 Berita Kota Makassar.

To Top