Headline

Relokasi Pedagang Pasar Sentral Terkendala Administrasi

MAKASSAR, BKM — Relokasi pedagang basah ke Pasar Sentral (Makassar Mall) yang direncanakan Jumat (5/5), batal dilaksanakan. Situasi di dalam pasar belum ada perubahan dari kondisi sebelumnya.
Aliran listrik di setiap lods juga belum terpasang. Tak satupun pedagang yang terlihat masuk ke dalam pasar.
Firdaus, salah seorang pedagang menuturkan, pada pagi harinya telah dilakukan sosialisasi kepada para pedagang lods basah. Namun, rencana pemindahan berlum dlakukan, karena ada rapat lanjutan oleh pihak-pihak yang terkait Makassar Mall.
“Tidak jadi hari ini (kemarin). Diundurki. Katanya karena baru dirapatkan lagi. Tidak tahu kapan jadinya,” kata Firdaus, kemarin.
Saat ini, tim relokasi pedagang bentukan Pemerintah Kota Makassar yang terdiri dari PD Pasar Makassar Raya, PT Melati Tunggal Inti Raya (MTIR) dan Asosiasi Pedagang masih fokus melakukan sosialisasi. Khususnya kepada para pedagang yang berada di tempat penampungan di Jalan Agussalim.
Sosialisasi yang dilakukan untuk meminta kesiapan para pedagang sebelum direlokasi masuk ke dalam gedung baru Pasar Sentral. Dengan begitu pedagang tidak lagi memiliki alasan belum siap untuk masuk mengisi lods dalam gedung.
“Kita belum relokasi pedagang, karena harus ada sosialisasi dulu. Tidak mudah dan gampang itu memindahkan pedagang. Mereka juga harus ada kesiapan memindahkan barang-barangnya. Termasuk masalah administrasi,” ujar Kepala Pasar Sentral Jaenul, Jumat (5/5).
Direktur Operasional (Dirops) PD Pasar Makassar Raya Japri Y Timbo, menjelaskan bahwa tim relokasi terus bekerja dengan memberikan sosialisasi kepada pedagang untuk mempersiapkan diri masuk menempati lodsnya masing-masing.
Kata Japri, kesiapan pedagang bukan hanya berupa barang dagangan yang akan dibawa masuk ke dalam gedung. Tapi pedagang juga diminta untuk menyelesaikan administrasi, baik dari pihak MTIR maupun dari PD Pasar Makassar Raya.
Jika para pedagang dinilai telah siap masuk ke dalam gedung, maka pemindahan mulai dapat dilakukan dalam waktu dekat. Japri mengklaim, saat ini sudah tidak ada kendala atapun masalah, khususnya antara pedagang dan PD Pasar Makassar Raya.
“Kita lihat saja kondisinya. Kalau baik hari Senin sudah bisa dilakukan relokasi pedagang. Sejauh ini tidak ada masalah di pasar, antara pedagang dan PD Pasar Makassar Raya. Tapi tetap harus ada kesiapan,” terangnya.
Termasuk menyiapkan pembongkaran lapak yang pernah ditempati pedagang di pengungsian. Jangan sampai pedagang masuk ke dalam gedung, lalu ada orang yang langsung menempati lapak tersebut. Sehingga harus bersamaan relokasi dan pembongkaran lapaknya. (arf-nug/rus/c)

loading...
Comments

Copyright © 2017 Berita Kota Makassar.

To Top