Sulselbar

Pembukaan MOF di Pantai Manakarra

MAMUJU, BKM — Perhelatan besar pengenalan potensi pariwisata dan bahari di Provinsi Sulawesi Barat akan digelar pada 20-21 Mei 2017 mendatang di Pulau Karampuang. Sedangkan pembukaan even bertajuk Mamuju Ocean Festival (MOF) ini akan dilakukan di Pantai Manakarra.
Pada even tersebut akan diselenggarakan berbagai lomba, antara lain lomba fotografi dalam air, lomba segitiga sandeq race, kulubelang, lomba kuliner, festival layangan, festival kostum, serta berbagai macam kegiatan di setiap instansi.
”Sulawesi Barat identik dengan wisata bahari yang harus dikembangkan dan diperkenalkan ke dunia luar. Karena hal tersebut dapat meningkatkan dan mengintensifkan kontribusi pendapatan asli daerah (PAD) Provinsi Sulawesi Barat,” kata Plt Gubernur Sulbar, Carlo B Tewu, saat rapat bersama pimpinan OPD membahas persiapan pelaksanaan MOF, Selasa (2/5).
Menindaklanjuti persiapan MOF tersebut, pada rapat yang berlangsung di ruang kerja Asisten Administrasi Umum, Kamis (4/5) disampaikan, pembukaan MOF akan dilaksanakan di Pantai Manakarra.
”Kegiatan ini bukan lagi tingkat provinsi melainkan sampai ke kabupaten. Juga sudah sampai ke internasional. Karena ini sudah diumumkan lewat media sosial. Peserta kegiatan ini akan dibatasi hingga 30-an orang, meski jumlah pendaftarnya terbilang cukup banyak. Kita semua harus bekerja keras menyukseskan even ini. Even ini diharapkan dapat berjalan lancar dan tidak terganggu selama perlombaan berlangsung,” kata Asisten Bidang Administrasi, Djamila.
Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan, Parman, menambahkan, pada pelaksanaan even fotografi di bawah laut, ada kegiatan lain yang juga diselenggarakan dan perlu diketahui masyarakat luar. Untuk itu, kepada para peserta nantinya diharapkan selain memotret wisata di bawah laut juga memamerkan dan mempublikasikan kegiatan lainnya.
”Ya, tentu saja ketika mengupload di media sosial, semua kegiatan ada sehingga diketahui publik,” kata Parman.
Kepala Badan Diklat, Farid Wadjidi, mengatakan, untuk lomba sandeq race diperkirakan tidak bisa berjalan dengan baik dikarenakan angin kurang. Jika dilihat waktu yang tepat, pada bulan Agustus baru mulai angin kencang.
Sekretaris Dinas Pariwista Mamuju, Clara Surya, mengatakan, untuk persiapan lomba Kulubelang, Dinas Pariwisata Mamuju akan menyusuri dimana tempat yang ada kapal Kulubelang. Karena sekarang, kapal Kulubelang sudah hampir punah di Mamuju. (ala/mir/c)


Comments

Copyright © 2017 Berita Kota Makassar.

To Top