Headline

Tiga Tahun Berturut-turut Capai Target PAD

H Nasarong,SSos,MH Kepala BKD Kota Parepare

PENDAPATAN Asli Daerah (PAD) menjadi salah satu yang sangat penting dalam menggerakkan roda pembangunan. Tidak heran jika pemerintah kabupaten/kota selalu berusaha untuk menggenjot PAD di daerahnya masing-masing. Termasuk di Kota Parepare.

Laporan: Samiruddin

DALAM tiga tahun berturut-turut di era kepemimpinan Wali Kota DR HM Taufan Pawe, realisasi target PAD Kota Parepare selalu meningkat. Hal itu terjadi, karena sebagai pimpinan ia selalu memberi support kepada OPD (Organisasi Perangkat Daerah) terkait untuk melakukan inovasi agar target yang diberikan bisa tercapai. Khususnya kepada Badan Keuangan Daerah (BKD), yang sebelumnya bernama Dinas Pendapatan Daerah (Dispenda).
Sebagai nakhoda di BKD, H Nasarong,SSos,MH terus menggali potensi sumber-sumber PAD. Salah satu perhatian saat ini adalah bagaimana Parepare bisa menjadi kota tujuan. Bukan lagi daerah transit (persinggahan). Dengan banyaknya kunjungan ke kota ini, otomatis akan mendorong peningkatan perekonomian masyarakat setempat.
Kota Parepare kini telah bertumbuh dengan pesat. Hotel, warung makan, restoran serta warung kopi (warkop) bisa ditemui di mana-mana. Jenis usaha ini menjadi sumber PAD karena membayar retribusi.
Gubernur Sulsel Syahrul Yasin Limpo pernah menyinggung tentang PAD Kota Parepare yang meningkat setiap tahun, sementara tidak ada obyek pajak baru. Sebagai kepala BKD, Nasarong punya penjelasannya.
”Yang kita lakukan di BKD adalah mengoptimalkan potensi yang ada,” ujarnya.
Nasarong kemudian merinci pencapaian PAD selama kepemimpinan Wali Kota Taufan Pawe. Pada tahun 2014, perolehan PAD baru tercatat sebesar Rp70 miliar. Namun, di tahun 2015 meningkat menjadi Rp100 miliar. Bertambah lagi di tahun berikutnya menjadi Rp130 miliar. Tahun 2017 ini, target PAD sebesar Rp140 miliar.
Khusus tahun ini, pencapaian pada triwulan pertama sudah mencapai 20 persen. Nasarong optimistis hingga akhir tahun target yang diberikan bisa direalisasikan 100 persen.
Optimisme itu mengacu pada potensi pendapatan yang ada di Kota Parepare. Juga telah tercapainya kemajuan kota, yang membuat masyarakat setempat dan dari luar melakukan transaksi di kota ini.
”Banyaknya orang yang berkunjung ke Kota Parepare telah mendorong peningkatan perekonomian masyarakat. PAD yang terus bertambah setiap tahunnya menjadi pertanda kota ini mengalami kemajuan,” tandasnya. (*/rus)

Comments

Copyright © 2017 Berita Kota Makassar.

To Top