Aparat Gabungan Kosongkan Lahan Unanda – Berita Kota Makassar
Sulselbar

Aparat Gabungan Kosongkan Lahan Unanda

MELAWAN -- Warga melakukan perlawanan saat polisi dan TNI mengosongan lahan pembangunan kampus Unanda di Desa Kalibamamase, Walerang, Kamis (4/5)

LUWU, BKM — Pengosongan lahan kampus Unanda di Karetan Desa Kalibamamase Kecamatan Walenrang, Kabupaten Luwu, Kamis (5/5) berlangsung dramatis. Meski warga sempat melakukan perlawanan tapi aparat TNI/Polri dan Satpol PP berhasil mengendalikan situasi dan mengosongkan lokasi.
Aparat gabungan yang dipimpin Waka Polres Luwu Kompol Abraham Tahalele langsung merangsek masuk. Kompol Abraham menegaskan setelah diambil langkah persuasif tak ada lagi negosiasi apalagi pemerintah sudah memberi waktu hingga hari ini (kemarin-red).
Saat terjadi keributan, aparat langsung mengamankan 10 warga yang ngotot melawan petugas saat pengosongan lahan dilakukan. “Untuk sementara mereka diamankan di Polsek Walenrang,”ujar Abraham
Dia menyebut tindakan pengosongan lahan oleh aparat gabungan sudah sesuai prosedur. “Sudah
disampaikan dengan pendekatan kekeluargaan tapi masih ngotot dan ini pengosongan yang kedua setelah sebelumnya gagal dilakukan akibat penolakan dari warga setempat,” tegas Abraham.
Lahan seluas 30 hektar ini kelak akan dibangun kampus Unanda. Pihak Unanda menuturkan langkah awal akan dibangun rintisan jalan sepanjang 1 kilometer untuk mempermudah akses masuk dilokasi yang akan dibangun Kampus.
Kapolres Luwu AKBP Ahmad Yanuari Insan yang memantau pengosongan lahan menuturkan saat ini situasi sudah bernagsur-angsur kondusif.
Sementara satu unit alat berat terus meratakan lahan sawah hingga mencapai panjang 500 meter. Kapolres beserta jajarannya memastikan kondisi keamanan di lokasi sudah kondusif Bupati Luwu Andi Mudzakkar merespon positif atas tindakan cepat aparat yang mengosongkan lahan. Dia menuturkan Pemkab menghargai sikap warga yang ikhlas meninggalkan lahannya untuk
digunakan pembangunan Kampus Unanda.
“Atas nama Pemkab, Cakka mengapresiasi sikap ikhlas warga yang selama ini mendiami lahan milik negara di Karetan,” tukas Bupati.(wan/C)

Comments

Copyright © 2017 Berita Kota Makassar.

To Top