Metro

UNM Berikan Penghargaan ke Pegawai

MAKASSAR, BKM– Di Hari Pendidikan Nasional, Universitas Negeri Makassar memberikan penghargaan ke mahasiswa dan pegawai.
Dalam upacara Hardiknas, Selasa (2/5), Rektor UNM Prof Husain Syam dalam sambutan seragam Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi di Pelataran Menara Pinisi, menuturkan, penghargaan ini diberikan sebagai bentuk perbaikan kehidupan pendidikan saat ini.
“Peringatan Hardiknas merupakan momentum dan refleksi dari berbagai upaya yang telah dan sedang kita lakukan dalam melaksanakan program memajukan pendidikan, khususnya mutu pendidikan tinggi di Indonesia”, ungkapnya.
Lebih lanjut, rektor menyampaikan tema Hardiknas tahun ini yakni “Peningkatan Relevansi Pendidikan Tinggi untuk Mendukung Pertumbuhan Ekonomi” Tema ini dipilih untuk menekankan bahwa sekarang ini tibalah saatnya perguruan tinggi dalam melaksanakan Tri Dharma Pendidikan Tinggi agar lebih memperhatikan dampak dari aktivitasnya terhadap pengembangan ekonomi, terutama ekonomi di daerahnya.
“Dengan kata lain perguruan tinggi lebih dapat memerankan dirinya sebagai agent of economic development disamping agent of education dan agent of research and development”, tambahnya.
Peningkatan relevansi pendidikan tinggi untuk mendukung pertumbuhan ekonomi dapat dilakukan melalui beberapa cara. Pertama, dalam bidang pendidikan dengan menghasilkan lulusan yang relevan dengan kebutuhan dunia kerja.
Kedua, dalam bidang penelitian dapat dilakukan melalui hilirisasi penelitian di PT dan yang terakhir, dalam bidang pengabdian kepada masyarakat dapat dilakukan melalui kerjasama yang lebih intesif lagi antara PT dan pemerintah daerah dan industri.
Melalui sambutannya, Menristek Mohamad Nasir, mengundang berbagai pihak untuk dapat berkolaborasi, berpartisipasi, dan berkontribusi dalam upaya menjadikan perguruan tinggi sebagai institusi yang inovatif, kompetitif dan secara nyata dapat berkontribusi pada pembangunan ekonomi sosial.
“Kita sudah berikan penambahan penerimaan beasisw bidikmisi bagi yang kurang mampu dan memberikan penghargaan terhadap pegawai yang setia membantu kurung waktu yang sudah cukup lama,”jelasnya.
Sebab peringatan ini juga dijadikan momentum untuk memberikan penghargaan tanda kehormatan Satyalencana Karya Satya pegawai negeri sipil dengan masa bakti 10 tahun, 20 tahun, dan 30 tahun dan ditutup dengan penampilan Atraksi Marching Band oleh Gita Suara PGSD UNM.(ita)

Comments

Copyright © 2017 Berita Kota Makassar.

To Top