Headline

Cetak Sejarah, Capai Seluruh Target Pajak

Drs H Tautoto Tana Ranggina,MSi, Kepala Bapenda Sulsel

TULUS, ikhlas dan jangan persulit urusan orang. Prinsip itulah yang dipegang Kepala Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Sulsel Tautoto Tana Ranggina dalam merintis karirnya hingga sampai posisi saat ini.

LAPORAN: RAHMAWATI AMRI

SETIAP diberi amanah untuk menduduki sebuah posisi, tiga kata kunci di atas selalu diamalkan. Hasilnya, semua tugas dan tanggung jawab yang diberikan kepadanya bisa terlaksana kendati tetap ada hambatan yang harus dihadapi.
Sejak dilantik sebagai Kepala Bapenda 3 Mei 2013 lalu, banyak gebrakan yang dilakukan. Mulai membenahi sumber daya manusia (SDM), seperti peningkatan disiplin dan kinerja staf, perbaikan manajemen dan administrasi, maupun fokus dalam mencapai target yang sudah ditetapkan.
Tidak dapat dinafikan jika organisasi perangkat daerah (OPD) yang dipimpin Tautoto merupakan salah satu yang sangat strategis dalam mengisi pundi-pundi pendapatan asli daerah (PAD).
Sebagai orang nomor satu di Bapenda, Toto menggenjot sejumlah potensi yang bisa menjdi sumber PAD baru. Misalnya pajak progresif yang belum jalan, itu dimaksimalkan. Dan hasilnya, Bapenda bisa capai target pajak yang ditetapkan.
Beberapa program juga digagasnya untuk meningkatkan pelayanan kepada para wajib pajak. Prinsipnya, sebagai orang yang memberi sumbangsih untuk pendapatan bagi pembangunan, para wajib pajak harus diberi pelayanan yang maksimal agar mereka senang hati melaksanakan kewajibannya.
Beberapa program yang dicanangkan diantaranya e-payment atau elektronik payment. Dengan menggandeng Bank Sulsel dan polda, para wajib pajak tidak perlu jauh-jauh ke kantor layanan pajak. Bisa langsung ke Bank Sulsel.
Ada juga Samsat Keliling, dimana Bapenda dengan sejumlah mobilnya turun langsung ke masyarakat untuk melayani pembayaran pajak. Jadi modelnya seperti jemput bola.
Di beberapa daerah strategis, Toto juga memutuskan untuk membangun UPT (Unit Pelaksana Teknis). Agar tidak mengalami kebocoran, secara rutin, Toto melakukan pengawasan ke seluruh UPT yang ada di kabupaten/kota.
Gebrakan lain yang dilakukan adalah melibatkan seluruh stafnya untuk dalam penagihan pajak. Tak ada yang pasif. Semua punya target.
Ada juga agenda door to door mendatangi wajib pajak secara langsung. Lrogram Samsat Care, dan masih banyak lagi.
Alhasil, dari berbagai stategi yang dilaksanakan, selama dua tahun berturut-turut, Bapenda selalu mencapai target PAD yang sudah ditetapkan.
Puncaknya, dan menjadi sejarah untuk pertama kalinya, pada tahun 2015 lalu, Bapenda mampu mencapai target pajak. Baik untuk kendaraan bermotor, bea balik nama, air permukaan, dan pajak bahan bakar.
Selain memaksimalkan kinerja, lelaki ramah itu juga tidak lupa pada kesejahteraan seluruh pegawainya. Mulai dari mendirikan TPA di area kantor Bapenda untuk anak-anak pegawai. Menaikkan umrah lima pegawai teladan. Memberi santunan atau bantuan bagi pegawai yang tertimpa musibah, dan masih banyak lagi.
Di skala nasional, Bapenda selalu masuk tiga besar sebagai OPD yang punya inovasi spektakuler dalam pelayanan publik. Bapenda diakui memiliki basis data terbaik yang dioperasikan secara online.
Itu semua baru sekelumit dari berbagai gebrakan yang dilakukan oleh lelaki kelahiran 11 Agustus 1964 ini. Tentunya ke depan masih banyak lagi gebrakan yang akan dilakukan sebagai bentuk tanggung jawabnya memaksimalkan kinerja. (rhm/rus)

Comments

Copyright © 2017 Berita Kota Makassar.

To Top