Sulselbar

Rutan Diminta Lebih Produktif

FOTO BERSAMA -- Kepala Rutan Kelas IIB Sidrap, Mansyur S foto bersama usai pelaksanaan upacara Hari Bhakti Pemasyarakatan ke-53, Kamis, (27/4).

SIDRAP, BKM — Di Hari Bhakti Pemasyarakatan ke-53 yang jatuh pada 27 April 2017. Rumah Tahanan (Rutan) Kelas IIB Sidrap diminta agar menjadi lembaga produktif.
Kepala Rutan Kelas IIB Sidrap, Mansyur S mengatakan, siap menjadikan rutan yang dipimpinnya itu menjadi salah satu sarana untuk mendorong menghasilkan produk-produk berkualitas, bahkan dapat memberikan penghasilan buat narapidana dan pemasukan bagi kas negara.
“Itu pastinya akan kita lakukan sesuai amanah dari Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia RI, Saat ini kita terus melakukan pembenahan baik sarana prasana hingga perubahan pola fikir narapidana ke arah positif,” ucapnya usai upacara, Kamis, (27/4).
Mansyur mengatakan, pemerintah pusat terus melakukan berbagai pembenahan dan perbaikan baik di Lapas maupun Rutan di seluruh Indonesia, termasuk Rutan Kelas IIB Sidrap mulai dari perbaikan layanan publik, melakukan pelayanan berbasis teknologi informasi dengan sistem online.
Ia juga menjelaskan bahwa tak lama lagi status Rumah Tahanan (Rutan) Klas IIB akan berganti ditingkatkan statusnya menjadi Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kals IIB.
Menurutnya, ada beberapa alasan sudah layak berganti status ini karena selain memiliki lahan yang representatif, juga peningkatan kasus kriminal dan jumlah warga binaan yang tertangani sangat serta sudah melebih kapasitas sehingga layak naik kelas.
“Proses pengalihan status dari rutan menjadi lapas itu, kini dalam proses penggodokan Direktorat Jendral (Dirjen) Pemasyarakatan (PAS) Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham),” ucapnya.
Dia mengaku bahwa peralihan telah memenuhi tiga persyaratan penting beralih status menjadi Lapas. “Tiga syarat itu, dari aspek rekomendasi enam instansi pemerintah di daerah, jumlah warga binaan serta aspek bangunan,” ujar Mansur.
Setelah menjadi Lapas, tentunya akan menjadi lebih baik lagi dan diharapkan bisa menjadi sentra industri yang dapat merubah paradigma masyarakat bahwa Lembaga Pemasyarakatan telah bertransformasi dari lembaga konsumtif menjadi lembaga produktif.
Lapas, kata Mansur tidak hanya sebagai tempat membina narapidana secara konvensional tetapi juga dapat menjadi salah satu sarana untuk mendorong dihasilkannya produk-produk berkualitas, bahkan dapat memberikan pemasukan bagi kas negara, termasuk memberikan penghasilan bagi narapidana yang produktif.
Sementara, Ketua DPRD Sidrap, Zulkifli Zain merespons upaya pengalihan status Rutan Kelas IIB Sidrap itu menjadi Lapas Kelas IIB Sidrap.
Dari sisi bangunan, kata Zulkifli, Rutan Kelas IIB Sidrap sudah tidak diragukan. Bangunan rutan yang baru dan tergolong cukup luas itu memang salah satu aspek penting untuk bisa jadi lapas. “Kita harap agar Rutan Sidrap bisa lebih produktif lagi dengan melahirkan warga binaan yang kreatif dan mandiri,” tandasnya. (ady/C)


Comments

Copyright © 2017 Berita Kota Makassar.

To Top