Metro

Harga Bawang Putih dan Tomat Mengalami Kenaikan

SEBULAN menjelang Bulan ramadan, harga sembako di Makassar masih stabil. Meski sudah ada beberapa kebutuhan pokok seperti bawang ptuih dan tomat mengalami kenaikan.
Seperti pantauan BKM, di Pasar Pabaeng-Baeng dan Pasar Terong, Jumat (28/4). Hanya sebagian kecil saja yang mengalami kenaikan harga, hal itu pun dikatakan oleh para pedagang.
Staff Administrasi Bulanan Pasar Pabaeng-Baeng, Titi Damayanti mengatakan, hingga saat ini belum ada kenaikan harga yang signifikan. Hanya pada bawang putih, wortel, dan tomat yang mengalami kenaikan. Sedangkan kebutuhan lainnya seperti beras, gula, terigu, sampai daging sapi tidak mengalami kenaikan.
Salah satu pedagang kebutuhan pokok di Pasar Pabaeng-Baeng, Ana mengatakan, jika wortel, bawang putih, jeruk nipis dan tomat mengalami kenaikan. Wortel yang semula Rp8.000 rupiah per-kilogram, menjadi Rp12 ribu per-kilogram. Bawang putih yang mengalami kenaikan cukup tiggi, dari Rp36 ribu per-kilogram menjadi Rp50 ribu per-kilogram. Jeruk nipis dari Rp6.000 menjadi Rp10 ribu per-kilogram dan tomat dari Rp10 ribu menjadi Rp14 ribu per-kilogram.
Kondisi berbeda justru dari harga cabai yang malah mengalami penurunan. Harga cabai yang semula Rp120 ribu rupiah per-kilogram, turun menjadi hanya Rp50 ribu rupiah per-kilogram saja. “Sekarang lagi musimnya, jadi turun ki harga lombok,” kata Ana.
Daging sapi dan ikan tidak mengalami kenaikan harga. Namun berbeda dengan daging ayam yang justru mengalami kenaikan. Salah satu pedagang ayam di Pasar Pabaeng-Baeng, Haji Latief mengatakan harga ayam yang semula Rp13.000 per-kilogram naik menjadi Rp16 ribu. “Harganya akan lebih tinggi lagi kalau dicabuti mi bulunya, sampai Rp23 ribu per-kilogram,” kata Haji Latief.
Di Pasar Terong harga justru lebih stabil. Tidak ada yang mengalami perubahan harga selain wortel, bawang putih, dan cabai. Wortel dan bawang putih mengalami kenaikan harga, sedangkan cabai mengalami penurunan harga. Harga lain yang meliputi beras, gula, daging ayam, telur, dan lainnya tidak mengalami perubahan.
Salah satu pedagang kebutuhan pokok di Pasar Terong, Ahmad juga mengatakan jika harga bahan pokok di pasar ini cenderung stabil. Namun untuk wortel, yang semula seharga Rp7.000 rupiah menjadi Rp14 ribu per-kilogram. Harga bawang putih dari Rp35 ribu menjadi Rp45 ribu per-kilogram. Harga cabai turun dari semula Rp120 ribu menjadi Rp50 ribu per-kilogramnya. Hal tersebut juga sama dengan yang diungkapkan pedagang lainnya di Pasar Terong, Ridwan. “Semua ndak ada ji perubahan, kecuali itu bawang putih sama wortel,” kata Ridwan.(nug/war/b)

loading...
Comments

Copyright © 2017 Berita Kota Makassar.

To Top