Headline

Taruna Polimarim Diajar Tangani Kebakaran di Kapal

MAKASSAR, BKM — Timbulnya percikan api di dalam kapal biasanya menjadi sumber pemicu terjadinya kebakaran. Jika tidak segera ditangani dengan baik, akan menimbulkan kerusakan di atas kapal.
”Dibutuhkan waktu paling lambat tiga menit untuk mengatasi munculnya api. Apabila lebih dari itu, api akan berkobar dan menyebabkan kebakaran serat kerusakan,” kata Sutikno Pandoyo dihadapan taruna taruni Politeknik Maritim (Polimarim) AMI Makassar, Kamis (27/4).
Kepala Bidang Keselamatan dan Pencemaran Lingkungan Forum Komunikasi Maritim Indonesia, itu menjadi narasumber pada Kampanye Keselamatan Pelayaran Nasional Menuju Tol Laut dan Indonesia Poros Maritim di kampus Polimarim AMI. Acara ini dilaksanakan pengurus INSA (Indonesian National Shipowner Association) Sulsel bekerja sama Polimarim AMI Makassar.
Kampanye keselamatan dihadiri Direktur Polimarim Amrin Rani serta civitas akademika. Juga Ketua INSA Sulsel Dr Hamka dan pengurus lainnya.
Menurut Sutikno, ketika menemukan titik bencana di atas kapal, jangan kaget. Segera mengambil tabung pemadam yang disediakan. Upayakan yang isinya liquid foam atau busa. Simulasi penanganan kebakaran juga ditampilkan.
Kepala Kantor Otoritas Pelabuhan Utama Makassar yang diwakili Kepala Bidang Lalulintas Laut Bertyno, dalam acara ini lebih banyak berbicara tentang tol laut. Dikatakan, program pemerintahan Jokowi-JK ini dilatarbelakangi oleh adanya disparitas harga yang cukup tinggi antara wilayah barat dan timur.
”Maksud dan tujuan yang ingin dicapai dalam program tol laut adalah dalam rangka menjamin ketersediaan barang dan untuk mengurangi disparitas harga bagi masyarakat. Juga menjamin kelangsungan penyelenggaraan angkutan barang ke daerah tertinggal, terpencil, terluar dan perbatasan,” terang Bertyno.
Disebutkan bahwa jaringan trayek penyelenggaraan angkutan barang di laut (tol laut) untuk tahun 2017 berjumlah 13 trayek. Enam trayek dilayani oleh PT Pelni melalui penugasan, dan tujuh trayek dilayani perusahaan angkutan laut swasta melalui pelelangan umum. (rus)

loading...
Comments

Copyright © 2017 Berita Kota Makassar.

To Top