TRC BPBD Jeneponto Evakuasi Korban Banjir – Berita Kota Makassar
Gojentakmapan

TRC BPBD Jeneponto Evakuasi Korban Banjir

BKM/KR KULLE EVAKUASI -- Kepala BPBD Jeneponto, Anwaruddin Munassar, Wakapolres Jeneponto, Kompol A Limpong, Kapolsek Binamu, AKP Abd Rachim, dan Pasi intel Kodim 1425 Jeneponto, Kapt Muh Iksan menjelaskan mengenai proses evakuasi yang telah dilakukan TRRC BPBD Jeneponto.

JENEPONTO, BKM — Tiga orang korban tenggelam dievakuasi Tim Reaksi Cepat (TRC) Badan Penanggulan Bencana Daerah (BPBD) Jeneponto. Aksi ini memukau para undangan saat acara simulasi pencanangan Kesiapsiagaan Bencana yang dibuka Sekkab Jeneponto, H Muh Syarif yang ditandai bunyi alarm dari mobil BPBD.
Simulasi ini turut dihadiri Wakapolres Jeneponto, Kompol A Limpong, Pasi Intel Kodim 1425 Jeneponto Kaot, Muh Iksan, Camat Turatea, Parawansa Tumpu, Kepala BPBD Jeneponto, H Anwaruddin Munassar, Kades Bululoe, Achmad Situju, Kabag Humas, Nasuhan Tangnga, serta para Kades dan masyarakat Bululoe di Kampung Berum Desa Bululoe, Kecamatan Binamu, Rabu (26/4).
Kepala BPBD Jeneponto, H Anwaruddin Munassar melalui Sekretaris BPBD Jeneponto, Hardono, mengatakan, acara pencanangan kesiapsiagaan bencana untuk membiasakan masyarakat dan menjadikan lebih siaga jika terjadi bencana yang sama tidak diharapkan.
”Maka dari itu, perlu disosialisasikan bahaya dan tata cara menghindari jika terjadi bencana,” ujar Hardono.
Hardono berharap, kegiatan ini dapat dilaksanakan secara terpadu dan berkesinambungan melalui pelatihan anggota TRC, Tagana guna membentuk tenaga inti penanggulangan bencana yang terlatih, cerdas, tangkas, tangguh berbasis masyarakat yang merupakan ujung tombak dalam penanganan dan penanggulangan bencana di Kabupaten Jeneponto.
Sementara Sekkab Jeneponto, Muh Syarif, mengatakan, dalam rangka pencanangan kesiapsiagaan bencana nasional tahun 2017 tingkat Kabupaten Jeneponto akan mendatangkan kebaikan dan manfaat bagi nusa, bangsa, dan masyarakat Kabupaten Jeneponto.
Dikemukakan, tidak ada yang mau ada bencana walau uang banyak mengalir dari pusat untuk daerah Jeneponto. Tapi itu tidak usah dan lebih baik jangan, kalau itu menjadi pilihan. Namun perlu kewaspadaan.
Karena namanya bencana, kapan dan waktunya sama kita tidak ketahui. tapi ada tanda-tanda alam atau fenomena alam. Misal bencana banjir, dan angin puting. Sosialisasi ini agar semakin membangun motivasi bagi Pemkab Jeneponto dan masyarakat untuk lebih meningkatkan kewaspadaan dan kesiapsiagaan dalam menghadapi setiap bencana.
Syarif meminta kepada seluruh anggota TRC BPBD Jeneponto agar tetap menunjukkan profesionalisme dalam melaksanakan tugas dan pengabdian. Terutam dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat dan senantiasa peka terhadap setiap perkembangan masyarakat baik itu kritikan. Jadikan masukan positif guna perbaikan kinerja BPBD Jeneponto jelas Muh Syarif. (krk/mir/c)

Comments

Copyright © 2017 Berita Kota Makassar.

To Top