Program Bulo Sukseskan Makassar Raih Penghargaan – Berita Kota Makassar
Metro

Program Bulo Sukseskan Makassar Raih Penghargaan

MAKASSAR, BKM– Kota Makassar kembali meraih prestasi. Di tahun ini, bertepatan pada Hari Otonomi Daerah XXI di 2017, Kota Makassar berhasil meraih prestasi sebagai kota berkinerja terbaik tingkat nasional dengan melampaui sembilan kota besar yang ada di Indonesia.
Bertempat di Alun-alun Sidoarjo, Jawa Timur, Selasa (25/4) lalu, Menteri Kordinator Politik Hukum dan Keamanan (Menkopolhukam) RI, Jenderal TNI (Purn) Wiranto mewakili Presiden RI Joko Widodo didampingi Menteri Dalam Negeri (Mendagri) RI Tjahjo Kumolo serta disaksikan langsung Direktur Jenderal (Dirjen) Otda Kemendagri RI Soemarsono, Gubernur, Bupati, dan Wali kota se-Indonesia yang menyerahkan langsung penghargaan berupa piagam ke Wali Kota Makassar, Moh Ramdhan Pomanto.
Penghargaan yang diraih Pemerintah Kota Makassar tidak lepas dari hasil pembuktian penilaian terbaik dalam Evaluasi Kinerja Penyelenggaraan Pemerintah Daerah (EKPPD) tahun 2016 terhadap Laporan Pertanggungjawaban Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah (LPPD) 2016 yang dilakukan oleh Kemendagri RI dan BPKP.
Bukan hanya itu, 900 indokator penilaian yang digunakan Direktorat Jenderal (Ditjen) Otonomi Daerah (Otda) Kemendagri RI dalam menentukan kota dengan kinerja terbaik atau tertinggi nasional diantaranya adalah Laporan pertanggungjawaban pelaksanaan APBD, Informasi Keuangan Daerah, Laporan Kinerja Instansi Pemerintah Daerah, dan indikator lainnya seperti kebijakan, kelembagaan, dan SDM pada otonomi daerah. Sehingga Makassar mampu memiliki skor dengan penilaian 3,3992 melampaui Surabaya dengan skor 3,3732.
“Tidak ada yang tidak mungkin jika kita bekerja bersama-sama. Berkat dukungan masyarakat, dan perangkat daerah prestasi ini dapat kita diraih Pemerintah kota Makassar,” katanya.
Hadirnya program Badan Usaha Lorong (Bulo) yang dicanangkan Pemerintah Kota Makassar pada 2016 lalu, dinilai mampu menekan inflasi dalam negeri. Cabe yang menjadi komiditi utama dalam program Bulo yang dimanfaatkan warga dengan baik agar lebih meningkatkan kesejahteraan warga lorong.
“Hal terpenting dari penghargaan yang kita dapat berimbas pada peningkatan kesejahteraan masyarakat, dan capaian tahun ini dapat dipertahankan bahkan ditingkatkan,” jelasnya. (arf)

Comments

Copyright © 2017 Berita Kota Makassar.

To Top