Berita Kota Makassar | Pencairan Dana Bos Tunggu Tanda Tangan Gubernur
Metro

Pencairan Dana Bos Tunggu Tanda Tangan Gubernur

MAKASSAR — Pencairan dana BOS masih berproses. Janji untuk dicairkan pekan ini masih tanda tanya. Pasalnya, masih ada prosedur administrasi yang harus dilakukan.
Kepala Badan Pengelola Keuangan Daerah (BPKD) Sulsel, Andi Arwin Azis mengatakan pihaknya masih menunggu tanda tangan gubernur pada surat keputusan hibah dana BOS. Begitu selesai ditandatangani pihaknya langsung akan menindaklanjuti dengan melakukan transfer ke rekening masing-masing sekolah.
“Saat ini mungkin sudah ada di meja gubernur terkait surat keputusannya. Tinggal menunggu dan akan ditransfer ke sekolah,” jelas Arwin.
Dia menjelaskan, mekanisme pencairan dana BOS berbeda antara sekolah swasta dengan negeri. Kalau swasta sifatnya hibah sehingga prosesnya agak lama. Namun untuk sekolah negeri, sudah masuk dalam belanja tidak langsung.
“Jadi beda perlakuannya antara sekolah swasta dengan negeri, ” ungkapnya, Rabu (26/4).
Dia mengakui, memang ada keterlambatan pencairan dana BOS tahun ini dibanding tahun lalu. Itu disebabkan berbagai faktor. Diantaranya ada penyesuaian-penyesuaian dari pusat dan proses peralihan kewenangan pengelolaan SMA/SMK dari kabupaten/kota ke provinsi.
“Jadi kami harus menunggu verifikasi datanya. Insya Allah tahun depan semoga sudah normal, ” ungkapnya.
Dia menegaskan, kalau Gubernur Sulsel sudah menandatangani SK tersebut, proses pencairannya sudah tidak terlalu lama lagi.
Sebelumnya, sejumlah daerah mulai mengeluhkan lambatnya pencairan Dana Biaya Operasional Sekolah (BOS).
Terkait besaran anggaran yang akan disalurkan untuk tingkat SD negeri sebanyak Rp144 miliar untuk 901.570 siswa di 6.145 sekolah. Di tingkat SMP negeri akan disalurkan Rp 67,2 miliar untuk 336.041 siswa di 1.240 sekolah.
Sementara untuk SMA Swasta akan dibayarkan Rp8,97 miliar untuk 32.038 siswa dan SMK Swasta sebanyak Rp11,39 miliar untuk 40.638 siswa. Makassar menjadi daerah yang paling banyak akan menerima bantuan dana BOS.
Sebelumnya, Kepala Dinas Pendidikan Sulsel, Irman Yasin Limpo berjanji, dana BOS untuk SMA/SMK periode Triwulan I dipastikan cair pekan ini. Berbagai persyaratan administrasi telah diserahkan pihaknya ke BPKD Sulsel.
Ia mengakui, memang ada hambatan dalam aturan-aturan baru berkaitan administrasi dana BOS. Misalnya, rencana kegiatan anggaran sekolah yang mesti dibuat oleh masing-masing sekolah.
“Saya sudah dijanji badan keuangan. Insya Allah, dana BOS sudah bisa cair pekan depan. Tapi jangan dulu minta pekan ini. Karena dana Bos itu bukan kewenangan saya semata,” kata None, panngilan akrab Irman YL. (rhm)

Comments

Copyright © 2017 Berita Kota Makassar.

To Top