Sulselbar

Hamzah Serap Aspirasi Warga Bonehau

BKM/ALALUDDIN RESES -- Wakil Ketua DPRD Provinsi Sulbar, Hamzah Hapati Hasan saat melakukan reses ke Kecamatan Bonehau, Kabupaten Mamuju. Dalam reses itu, Hamzah menyerap aspirasi dari masyarakat setempat.

MAMUJU, BKM — Wakil Ketua DPRD Sulbar, Hamzah Hapati Hasan melakukan kunjungan kerja ke Kecamatan Bonehau, Mamuju. Kunjungan itu untuk menyerap aspirasi masyarakat di daerah tersebut.
Politisi yang akrab disapa H4 ini berdialog dengan sejumlah warga dari enam dusun di Desa Salutiwo, Kecamatan Bonehau. Sejumlah permasalahan dikemukakan perwakilan warga, seperti kondisi infrastruktur jalan dan jembatan, kondisi kelistrikan, bantuan ternak dan pupuk, hingga rehabilitasi atau pembangunan rumah ibadah.
”Saya terakhir berkunjung ke daerah ini sekitar tiga tahun lalu. Ternyata, kondisi jalan makin rusak. Ini harus dibicarakan bersama antara pemprov dan Pemkab Mamuju. Kasihan masyarakat aktivitas mereka sangat terganggu dengan kondisi jalan yang menurut saya tergolong rusak parah. Olehnya itu, karena kedatangan saya kesini dalam rangka temu konstituen atau menyerap aspirasi, maka saya akan menawarkan bantuan sesuatu dengan kemampuan saya. Tapi, saya minta permintaan bapak ibu sifatnya yang betul-betul urgen atau sangat mendesak untuk segera dipenuhi,” kata Hamzah saat berdialog dengan masyarakat, Selasa (25/4).
Salah seorang warga, Imanuel, mengharpakan perlu pengadaan jaringan listrik karena sejumlah dusun masih belum menikmati listrik. Ia juga berharap agar jalan dan jembatan mendapat perhatian penuh karena kondisinya kian hari kian rusak parah.
”Kalau bisa, kami juga dibantu usaha dibidang ternak. Yang cocok disini ternak kambing. Kami juga berharap dibantu pupuk untuk tanaman coklat kami,” ungkap Imanuel.
Ia juga berharap agar gereja yang ada di desa tersebut bisa mendapat bantuan agar bisa ditempati beribadah dengan nyaman. Apalagi, gereja ini tergolong besar karena bisa menampung hingga 400 orang.
Warga lainnya, Suparno, juga berharap dapat bantuan ternak agar mereka punya penghasilan tambahan selain penghasilan dari tanaman kakao. ”Kami juga mohon bantuan untuk masjid kami. Kondisinya sudah rusak. Mungkin perlu diperbaiki atau dibangun yang baru. Kami serahkan semuanya ke bapak, apakah mau diperbaiki atau dibangun bangunan baru. Tergantung kemampuan dan keinginan bapak. Kami hanya ingin agar masjid itu bisa menampung jamaah lebih banyak dan kita bisa lebih nyaman beribadah,” katanya.
Menanggapi permintaan masyarakat ini, Hamzah memberikan respon positif dan berjanji untuk merealisasikannya. Untuk tempat ibadah, karena membutuhkan anggaran cukup besar, maka harus dibantu dengan menggunakan APBD.
”Saya minta agar secepatnya memasukkan usulan anggarannya ke kami. Nanti saya teruskan ke SKPD terkait. Insya Allah, kalau kami yang perjuangkan, bantuan itu akan terealisasi. Proposalnya tujukan ke gubernur lalu cc kan ke pimpinan DPRD. Kalau bisa dalam waktu satu minggu ini sudah dimasukkan. Karena saat ini sedang berlangsung penyusunan anggaran untuk APBD 2018,” ungkap Hamzah.
Sekretaris Partai Golkar Sulbar ini menambahkan, untuk pengadaan jaringan listrik, pihaknya akan membicarakan dengan dinas ESDM dan PLN wilayah Mamuju. ”Sudah pernah ada desa yang kami bantu pengadaan jaringan listrik. Mudah-mudahan Desa Salutiwo ini juga bisa terbantu,” ungkapnya.
Sedangkan, untuk bantuan ternak dan bibit, menurut Hamzah, pihaknya akan mengkalkulasi terlebih dahulu besaran anggaran yang dibutuhkan. Kalau anggaran tidak terlalu besar, maka bisa diatasi secara pribadi. Tapi, jika membutuhkan anggaran besar, maka harus diajukan agar mendapat bantuan dari APBD Sulbar. (ala/mir/c)


Comments

Copyright © 2017 Berita Kota Makassar.

To Top