Sulselbar

BPBD Simulasi Penyelamatan Korban Bencana

SIMULASI -- Korban banjir dievakuasi menggunakan perahu karet pada simulasi bencana di Kolam Makale kemarin.

MAKALE, BKM — Peringatan Hari Kesiap Siagaan Bencana Nasional, Rabu (26/4) digelar di Plaza Kolam Makale dan dibuka Wabup Victor Datuan Batara.
Wabup dalam sambutanya mengatakan tofografi wilayah Tana Toraja pemukiman masyarakat condong dilereng perbukitan. Kondisi tersebut tentu rawan dengan bencana alam.
Karena itu masyarakat dihimbau lebih waspada sebab bencana tidak bisa dketahui kapan akan terjadi. Sehingga masyarakat harus selalu waspada, apalagi dibeberapa tempat kejadian bencana longsor sudah membawa korban.
Melalui hari Kesiapsiagaan ini, sambung Victor, pihaknya mengajak kepada semua Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dan stakeholder untuk terus berkordinasi dengan BPBD untuk bergerak cepat jika sewaktu-waktu bencana terjadi.
”Semua pihak yang turun membantu apabila sudah mengetahui tugas dan fungsi sehingga bantuan terus berlanjut secara simultan sebab sudah punya keahlian,” ujar Victor.
Menurut Victor melihat fasilitas dan peralatan dimiliki BPBD tentu masih sangat minim. Olehnya itu barang yang ada dipelihara sehingga kapanpun digunakan tidak mengalami kendala dan masalah tehnis lainnya.
Kepala BPBD Alfian Andi Lolo mengatakan simulasi hari ini menjadi gambaran kesiapan dan kekuatan dimiliki daerah melakukan evakuasi dan bantuan kepada masyarakat jika terjadi bencana.
Simulasi evakuasi kebakaran, longsor dan banjir, puting beliung serta bencana lainnya sebagai bukti jika BPBD memiliki keahlian dan kemampuan bersama OPD lainnya mengtasi dan menaggulangi bencana. (gus/C).

Comments

Copyright © 2017 Berita Kota Makassar.

To Top