Bisnis

BI-BPS Kerjasama Pertukaran Data

MAKASSAR, BKM — Sebuah langkah baru dilakukan Bank Indonesia (BI) Perwakilan Sulsel dan Badan Pusat Statistik (BPS) Sulsel. Kedua lembaga bersepakat melakukan kerjasama penyediaan, pertukaran, dan pemanfaatan data dan/atau informasi statistik.
Penandatanganan kerjasama tersebut masing-masing dilakukan Kepala Perwakilan BI Sulsel, Wiwiek Sisto Widayat dengan Kepala BPS Sulsel, Nursam Salam disaksikan masing-masing unsur manajemen kedua lembaga ini di Numerica Cafe, Selasa (25/4).
Wiwiek mengatakan, kerjasama tersebut sudah dirancang sejak Oktober 2016. Dan ini merupakan tindak lanjut dari kerjasama yang telah dibangun antara BI pusat dan BPS pusat di Jakarta sejak beberapa waktu lalu.
Selama ini, menurut Wiwiek, BPS telah berpengalaman dalam melakukan survei. Data-data hasil survei yang disajikan selama ini telah menjadi dasar bagi para pemangku kepentingan dalam mengambil suatu langkah-langkah strategis di lingkup pemerintahan.
”Data hasil survei atau statistik dari BPS Sulsel akan dimanfaatkan dan diolah BI Sulsel untuk selanjutnya disampaikan kepada pemerintah daerah. BI Sulsel dan BPS Sulsel akan mendukung penuh langkah-langkah strategis yang akan dilakukan pemerintah daerah khususnya dalam memajukan perekonomian di Sulsel dengan menyajikan data survei dan statistik yang lebih akurat,” katanya.
Sedangkan Kepala BPS Sulsel, Nursam Salam, menyampaikan, pihaknya sangat mengapresiasi kerjasama yang dibangun bersama BI Perwakilan Sulsel. Karena selama ini data-data survei dan statistik yang dihasilkan petugas BPS telah menjadi acuan bagi para pemangku kepentingan di daerah untuk melakukan kebijakan atau langkah-langkah strategis lainnya.
”Data inflasi dan IPM misalnya, telah menjadi bahan bagi pemerintah daerah untuk mengambil kebijakan dibidang ekonomi dan publik. Selama ini ada lima titik atau daerah yang menjadi kota inflasi di Sulsel, yakni Kota Makassar, Bulukumba, Parepare, Palopo, dan Bone,” kata Nursam Salam seraya menambahkan, dari kerjasama ini akan dibuat kesepahaman mana yang bisa dikerja BPS dan mana BI. (mir)

loading...
Comments

Copyright © 2017 Berita Kota Makassar.

To Top