Headline

Mobil Masuk Jurang, Bapak dan Anak Tertimbun Longsor

BKM/IRWAN MUSA PUTUS-Jembatan di Desa Bone Lemo, Bajo Barat, Kabupaten Luwu terputus akibat banjir bandang. Tanah longsor juga melanda setelah berlangsung hujan deras selama dua hari berturut-turut.

LUWU, BKM — Awan duka menggelayut di langit Kabupaten Luwu. Daerah ini dilanda bencana tanah longsor dan banjir bandang. Hujan deras yang berlangsung dalam dua hari terakhir adalah musababnya.
Di Desa Bone Lemo, Bajo Barat, sebuah jembatan yang menjadi akses utama warga setempat putus akibat tak mampu menahan derasnya laju air. Selain itu, beberapa rumah warga rusak parah usai diterjang tanah longsor.
Di Dusun Salumbu, Desa Saronda, Kecamatan Bajo Barat, satu unit mobil pick up Suzuki Carry terperosok masuk jurang kala tanah longsor kembali terjadi.
Pemerintah Kecamatan Bajo Barat melalui Sekretaris Camat Massinring, mengatakan longsor terjadi sejak Senin sore (24/4).
“Kemarin sore hujan deras. Sekitar pukul 19.00 longsor sudah terjadi. Mobil pickup memuat sayur memaksa melintas dan akhirnya kandas,” ujarnya.
Mobil pickup tersebut dikemudikan oleh Hasno (40) dari Kecamatan Latimojong dan hendak pulang menuju ke Kota Belopa, usai berjualan sayur keliling.
“Setelah kandas, sopir turun ke rumah warga minta bantuan. Sebanyak sembilan orang membantu,” tambahnya.
Pada saat warga membantu Hasno mendorong mobil, longsor susulan terjadi. Akibatnya dua warga, yakni Samtik (56) dan anaknya Amiluddin (22) tertimpa material longsor berupa air bercampur lumpur. Keduanya terjebak lumpur hingga dada.
“Untung dua warga yang kena material longsor cepat dievakuasi warga lainnya. Seandainya terlambat ditarik naik mungkin sudah tidak bisa diselamatkan karena datang longsor susulan,” tutur Massinring.
Longsor susulan ketiga ini mendorong mobil Suzuki pickup yang kandas terperosok ke jurang sampai di dasar sungai. Kerugian yang dialami korban Hasno mencapai Rp50 juta. Sementara dua Samtik dan Amiluddin mengalami luka ringan di kaki dada.
Tak ada korban jiwa dalam kejadian tersebut. Hanya saja, mobil pick up milik Hasno masih terjebak dalam sungai dan sedang diupayakan untuk dievakuasi. (wan/rus/b)

loading...
Comments

Copyright © 2017 Berita Kota Makassar.

To Top