Metro

Himahi Unifa Gelar Seminar Krisis Kemanusiaan

MAKASSAR, BKM–Himpunan Mahasiswa Hubungan Internasional Universitas Fajar (Himahi Unifa) menggelar Seminar dan Model United Nation di Baruga Anging Mammiri Rumah Jabatan Walikota Makassar pada Selasa-Rabu (25-25/4). Kegiatan yang rutin dilaksanakan tiap tahun, bertujuan untuk mensimulasikan sidang Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) dalam menanggapi isu-isu sosial.
Ketua Panitia Seminar dan Model United Nation, Aydil Safitri mengatakan, jika kegiatan ini khusus membahas tentang krisis kemanusiaan terhadap pengungsi di berbagai negara. Peserta pada kegiatan ini adalah perwakilan dari Unifa, Universitas Bosowa (Unibos), Universitas Muslim Indonesia (UMI), Universitas Hasanuddin (Unhas), Universitas Islam Negeri (UIN), dan semua siswa perwakilan SMA Negeri se-Sulsel. “Untuk perguruan tinggi kita undang beberapa saja yang ada prodi Hubungan Internasional dan Politiknya saja,” kata Aydil.
Kegiatan ini dilaksanakan selama dua hari. Selasa kemarin dikhususkan untuk seminar. Materi seminar difokuskan membahas berbagai masalah mengenai krisis kemanusiaan terhadap pengungsi. “Sudan Selatan, Yaman, Myanmar, Burundi, Meksiko itu saat ini masih berkonflik. Pada seminar ini kita membahas tentang isu itu,” kata Aydil.
Sedangkan Rabu ini dilaksanakan Model United Nation. Model United Nation sendiri adalah simulasi yang dilakukan kepada para peserta untuk mengetahui situasi dan kondisi sidang di PBB. Setiap utusan peserta nantinya akan dibagi beberapa kelompok dan akan mensimulasikan sebagai utusan negara. Dalam Model United Nation ini, para peserta nantinya akan menyimpulkan berbagai isu permasalahan tersebut.
Lebih lanjut, Aydil mengatakan jika kegiatan ini hanya sekedar menyimpulkan dan mensimulasikan saja. Untuk mengusulkan sebuah kebijakan dalam isu masalah tersebut dinilai terlalu luas. “Kita butuh media yang luas juga untuk bisa seperti itu, mungkin nanti kita berharap,” tambah Aydil.(nug/war/c)

Comments

Copyright © 2017 Berita Kota Makassar.

To Top