Politik

Dukungan Parpol Mulai Mengerucut

MAKASSAR, BKM–Dukungan partai politik jelang pelaksanaan Pemilihan gubernur (Pilgub) Sulsel Juni 2018 mendatang mulai mengerucut pada sedikitnya empat bakal calon gubernur.
Partai pemenang pemilu 9 April 2014 lalu di Sulsel yakni Golkar sudah mengeluarkan rekomendasi untuk sang ketua HAM Nurdin Halid (NH) sebagai calon usungan. NH juga tetap mengincar sejumlah partai politik untuk berkoalisi diantaranya PKPI, PPP, Demokrat dan PKS.
Sementara Nurdin Abdullah juga disebut semakin dekat dengan Partai Persatuan Pembangunan (PPP), Partai Nasdem dan Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP).
Adapun Agus Arifin Nu’mang juga semakin dekat dengan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Partai Gerindra dan Partai Demokrat. Sementara Ichsan Yasin Limpo lebih diunggulkan untuk meraih dukungan Partai Amanat Nasional (PAN), Partai Hanura dan Partai Keadilan Sejahtera (PKS).
Bakal calon lain yang juga memiliki peluang untuk meraih dukungan parpol masih tetap cukup besar seperti Burhanuddin Andi, Abd Rivai Ras maupun Rusdi Masse (RMS).
Burhanuddin Andi memiliki kedekatan khusus dengan Ketua DPD PDIP Sulsel Andi Ridwan Wittiri, sementara Rivai Ras juga cukup dekat dengan ketua umum DPP Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono maupun ketua umum DPP Partai Gerindra Prabowo Subianto. Tim media Burhanuddin Andi, Andis mengaku bila loby politik tingkat pusat masih menunggu hasil survei, sehingga semua bakal calon masih memiliki peluang yang sama. “Saat ini tentu masih sebatas klaim, sebab proses pendaftaran dan penjaringan baru akan dibuka,”ujar Andis, Selasa (25/4).
Tim media Abd Rivai Ras, Achmad Sabir juga menyampaikan optimismenya bila Bro Rivai akan meraih dukungan dari Gerindra dan partai lainnya. “Kita lihat seperti apa nanti hasil akhirnya, ujar Achmad Sabir.
Adapun RMS juga belum memastikan apakah akan maju di Pilgub atau tidak, meski Bupati Sidrap dua periode ini sudah menjalin komunikasi dengan sejumlah parpol, utamanya PKS. “Kita tunggu perintah dari ketua umum DPP Nasdem Pak Surya Paloh,”ujar wakil ketua DPW Nasdem Sulsel bidang media M Rajab.
Pemerhati politik dari Indeks Politika Indonesia (IPI) Suwadi Idris Amir memprediksi bila calon yang akan maju di Pilgub paling banyak empat pasangan. “Itupun kalau dukungan parpol menyebar, namun jika berkumpul pada satu atau dua calon, maka peluang tiga pasangan yang bertarung juga tetap terbuka,”jelas Suwadi. (rif)

loading...
Comments

Copyright © 2017 Berita Kota Makassar.

To Top