Berita Kota Makassar | Risman Tegaskan Im Come Back Bukan dari NH
Politik

Risman Tegaskan Im Come Back Bukan dari NH

MAKASSAR, BKM–Istilah atau kalimat dengan bahasa asing seperti Im Come Back sudah banyak digunakan tim dan relawan bakal calon gubernur Sulsel HAM Nurdin Halid (NH) jelang Pemilihan Gubernur (Pilgub) Sulsel Juni 2018 mendatang.
Kalimat tersebut mirip yang pernah digunakan Syahrul Yasin Limpo yakni Dont Look Back ketika akan maju di Pilgub 2013 lalu.
Menurut dosen politik Unibos Dr Arief Wicaksono menilai secara semiotika, selalu terdapat dua aspek, penanda (signifier) dan pertanda (signified) dari tagline para calon gubernur Sulsel, seperti *don’t look back* yang digunakan SYL pada Pilgub Sulsel 2013, atau *i’m come back* seperti yang digunakan oleh NH jelang Pilgub Sulsel kali ini. “Secara umum kedua aspek semiotik tersebut menyoal tentang pemaknaan atas tujuan, harapan atau bahkan strategi bagi para calon gubernur tersebut, apakah itu berasal atau diserap dari aspirasi masyarakat, pendukung, atau relawan,”ujar Arief, kemarin.
Menurutnya, Pada Pilgub 2013, publik Sulsel merasakan bahwa tagline dont look back atau dont stop komandan, terbukti sebagai penanda, atau peletak dasar identitas yang orisinil, otentik sekaligus menjadi pertanda atau pembeda figur antara SYL dan cagub lain. “Namun pada Pilgub kali ini, NH yang mempelopori munculnya tagline serupa sepertinya kurang kencang menjadikannya wacana atau bahkan menjadi debat publik atas makna tagline tersebut, sehingga tagline i’m come back, sangat mudah dimaknai sebagai keinginan kembalinya NH ke Sulsel untuk bertarung sebagai cagub, setelah berkiprah di level nasional,”jelasnya.
Hal berbeda dikemukakan dosen politik Unhas Dr Azwar Hasan bahwa kalimat yang muncul saat ini tidak meranik karena terkesan ikut-ikutan kebesaran komandan. “Seharusnya cari yang sesuai karakter NH,”ujar Azwar.
Sementara itu, dosen politik UIN Alauddin Dr Firdaus Muhammad mengungkapkan bila istilah tersebut sangat populer dan bisa dipahami publik sekalipun bahasa asing, salah satunya karena popularitas tokoh yang mengunakakannya,”ucap Firdaus.
NH melalui juru bicaranya yakni Makbul Halim menilai jika kalimat tersebut sudah lama, sehinga tidak elok dikomentari.
Hal beda yang dikemukakan politisi Golkar Sulsel Muhammad Risman Pasigai. Menurut Risman, Im Come back bukan dari tim NH secara resmi, namun itu adalah kreativitas relawan saja.
SYL yang dimintai tanggapannya soal munculnya kalimat yang hampir sama dengan makna yang terkandung dalam kalimat Dont Look Back belum memberikan tanggapan. (rif)

Comments

Copyright © 2017 Berita Kota Makassar.

To Top