Sulselbar

Personel TNI Lanjutkan Pembuatan Jembatan dan Jalan Kali Kanrang

IST PERBAIKAN JALAN -- Para personel TNI bersama masyarakat sedang melakukan perbaikan jalan.

MAMUJU, BKM — Personel TNI melalui pelaksanaan kegiatan TMMD, masih terus melaksanakan program kegiatannya. Di antaranya terus melaksanakan pembangunan jembatan dan juga pembangunan jalan Kali Kanrang.
Sebanyak 20 orang personel TNI dilibatkan pekerjaan TMMD 98 ini. Tim ini terdiri dari gabungan personel Lantamal VI Makassar dan Batalyon Kavaleri 10/Serbu. Tim yang dipimpin Letda Marinir Acep Handam, perwira Yonmarhanlan VI, saat itu telah melaksanakan pekerjaan pembuatan jalan yang telah berlangsung di Kampung Kali Kenrang, Desa Tompo Bulu, Kecamatan Balocci, Kabupaten Pangkep menuju Camba, Kabupaten Maros.
Sedangkan untuk capaian pada pelaksanaan kegiatan ini, antara lain telah dilakukan pengangkatan batu gunung dari bawah ke atas dengan menggunakan alat berat buat pengisian bronjong, untuk menaikkan pada posisi dekker. Pemasangan bronjong ini salah satunya untuk membuat saluran air.
Sementara untuk kegiatan yang telah diteruskan pada pekerjaan TMMD yang berlangsung di Pangkep, di antaranya melakukan pemasangan bronjong serta pengisian batu ke dalam bronjong. Bahkan, juga telah dilakukan pekerjaan untuk jalan, di antaranya melakukan pengerasan jalan dengan panjang jalan yang dilakukan pembukaan dan sekaligus dilakukan pengerasan sekitar 100 meter. Bahkan, juga telah dilakukan penataan batu gunung di sepanjang jalan yang telah dilakukan pihak TNI dan bersama masyarakat,
Untuk pelaksanaan pembukaan jalan dan pengerasan jalan dilaksanakan dengan menggunakan alat berat. Pembukaan jalan ini dilakukan pihak TNI melalui TMMD 98 ini, maka akses jalan sudah terbuka menuju Camba.
Bahkan juga telah menyelesaikan pada bagian yang sering terjadi longsor. Prosesnya telah diantisipasi dengan melakukan perbaikan sistem. Bahkan juga pada kondisi jalur ini, adanya beberapa pohon yang mengalami tumbang.
Dan itu akan menghalangi pada kondisi badan jalan, maka pihak personel TNI telah mengantisipasinya. Karena pohon yang tumbang ini juga mengakibatkan hambatan pada proses pekerjaan.
Karena adanya hambatan pada kondisi jalan telah mengakibatkan terlambatnya material masuk karena bahan batu gunung. Juga, keterlambatan bahan bakunya masuk ke titik lokasi itu diakibatkan adanya faktor cuaca yang sering hujan. Sehingga mengakibatkan akses jalur yang akan dilalui pada peroses pembangunan jalan ini ada keterlambatan.
Sedangkan material yang sudah ada di lokasi untuk pembuatan bronjong dan pembukaan jalan, di antaranya material bronjong 50 kubik, patok balok 1 kubik (50 batang), batu gunung 30 truk, besi plat 30 lembar, papan 4 meter 23 lembar, dan balok 6×6 panjang 2 meter sebanyak 15 lembar. (ala/mir/c)

loading...
Comments

Copyright © 2017 Berita Kota Makassar.

To Top