Pemprov Dorong Pembangunan Bandara SHIAM – Berita Kota Makassar
Bisnis

Pemprov Dorong Pembangunan Bandara SHIAM

MAKASSAR, BKM — Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulsel terus mendorong agar pembangunan Bandara Sultan Hasanuddin Internasional Airport Makassar (SHIAM), sesuai perkembangan zaman. Apalagi, kondisi Bandara akan mencerminkan kondisi sebuah daerah.
Wakil Gubernur Sulsel, Agus Arifin Nu’mang, mengatakan, Bandara merupakan halaman depan suatu daerah. Artinya, ketika seseorang berkunjung ke salah satu daerah melalui transportasi udara, maka yang pertama terlihat atau dirasakan adalah bandara.
‘Kondisi Bandara itu harus terus didorong perkembangannya. Karena ini merupakan halaman depan atau cerminan suatu daerah dan masyarakatnya,” kata Agus pada acara Focus Group Discussion (FGD) tentang Collaborative Destination Development, Visit To MAMAGO (Makassar, Maros, Gowa) di Hotel Four Points By Sheraton Makassar, Kamis (20/4).
Agus menegaskan, Bandara Internasional Sultan Hasanuddin Makassar bukan lagi Bandara tempat transit. Tapi sudah menjadi Bandara tujuan bagi wisatawan yang berkunjung ke Sulsel. Dengan kondisi seperti ini, ia berharap agar pengembangan Bandara Internasional Sultan Hasanuddin Makassar terus dikembangkan sesuai tuntutan zaman dengan memperhatikan peningkatan fasilitas, pelayanan, keamanan dan kebersihannya.
”Saya minta Angkasa Pura untuk terus melakukan koordinasi dan duduk bersama dengan pemerintah untuk mendorong percepatan pengembangan Bandara Internasional Sultan Hasanuddin dalam menunjang kemajuan pariwisata di Sulsel,” terang mantan Ketua DPRD Provinsi Sulsel ini.
Sementara itu, Direktur Komersial dan Pengembangan Usaha PT Angkasa Pura I (Persero), Moh. Asrori mengatakan, secara khusus pengelola andara harus dan membuka akses seluas-luasnya bagi penyedia layanan agen perjalanan di Bandara. Selain itu, teknologi informasi dan komunikasi diperlukan untuk meningkatkan efektifitas koordinasi, komunikasi, integrasi, dan pengendalian antar pelaku bisnis pariwisata terutama PT Angkasa Pura I.
Ditambahkan, selain mengembangkan industri pariwisata, PT Angkasa Pura I juga berupaya meningkatkan jumlah penumpang atau jamaah umroh yang berangkat dari Bandara Sultan Hasanuddin Makassar. Asrori mengatakan, Sulsel memiliki potensi jamaah umroh cukup besar.
”Jika dilihat data tahun 2015 dan 2016, terjadi peningkatan jamaah umroh yang cukup signifikan yaitu sekitar 82,5 persen. Pada 2015, total jamaah umroh sebanyak 13.452 orang dan meningkat menjadi 24.562 pada 2016,” papar Asrori.
Untuk memberikan layanan bagi para jamaah haji dan umroh, Bandara Sultan Hasanuddin Makassar telah dipersiapkan mengantarkan jamaah ke tanah suci. Bandara Sultan Hasanuddin memiliki landasan yang sanggup melayani pesawat berbadan lebar dan mampu melayani penerbangan standar internasional. (rhm/mir)

Comments

Copyright © 2017 Berita Kota Makassar.

To Top