Metro

Ombudsman Datangi Pemprov Terkait CoI

MAKASSAR, BKM — Ombudsman RI mendatangi Pemprov Sulsel, Rabu (19/4) untuk menindaklanjuti sejumlah laporan masyarakat termasuk Komite Pemantau Legislatif (Kopel) sekaitan dengan sorotan terhadap reklamasi di Centre Point of Indonesia (CoI).
Salah seorang pimpinan Ombudsman RI, Alamsyah Siregar bersama dua anggota lainnya, didampingi Ketua Ombudsman Sulsel, M Subhan melakukan pertemuan di Kantor Gubernur Sulsel.
Mereka diterima oleh Sekretaris Provinsi Sulsel Abdul Latief, Koordinator proyek CoI, Soeprapto Budi Santoso dan Kepala Dinas Perumahan, Kawasan Pemukiman dan Pertanahan, Andi Bakti Haruni.
Kepala Ombudsman Perwakilan Sulsel M Subhan kepada BKM menjelaskan, pihaknya mendatangi Pemprov Sulsel untuk melakukan verifikasi sekaitan semua data yang berhubungan dengan CoI.
“Yah kami datang ke Pemprov untuk melalukan verifikasi dan klarifikasi data sekaitan dengan reklamasi CoI. Ini dilakukan karena adanya laporan masyarakat, termasuk Kopel terhadap reklamasi CoI, ” ungkap Subhan.
Pertemuan dilakukan sekitar dua jam. Ada sejumlah data yang diminta untuk selanjutnya akan dianalisa oleh ombudsman pusat. Mulai dari legal standing proyek, termasuk perijinan-perijinannya, proses pelaksanaannya, dan semua yang berkaitan dengan CoI.
“Ombudsman menggali semua data yang dilaporkan oleh Kopel dan masyarakat, ” ungkap Subhan.
Data itu nantinya akan dibawa Ombudsman ke Jakarta untuk dianalisa lebih lanjut.
Selain mengunjungi Kantor Gubernur Sulsel, Ombudsman juga langsung meninjau lokasi reklamasi di CoI dan melakukan pertemuan dengan Badan Pertanahan Nasional (BPN) terkait persoalan legal standing kepemilikan lahan di sana.
Dia tak bisa memberi informasi terkait hasil analisa Ombudsman RI terkait reklamasi CoI karena itu dilakukan di pusat. Namun dia berjanji akan memberi informasi jika ada perkembangan yang diperoleh dari Ombudsman pusat. Kepala Dinas Perumahan, Kawasan Pemukiman dan Pertanahan, Andi Bakti Haruni yang dikonfirmasi seputar persoalan itu membenarkan kedatangan ombudsman.
Dia mengaku saat pertemuan, sudah menjelaskan dan menjawab sejumlah pertanyaan yang dilontarkan Ombudsman terkait CoI sesuai kapasitasnya sebagai Kepala Dinas Tata Ruang dan Pemukiman (Tarkim) kala itu. “Saya sudah jelaskan ke Ombudsman sekaitan ijin-ijinnya. Kami jelaskan sudah sesuai aturan dan prosedural,” ungkap Andi Bakti.
Bahkan, tegasnya, Pemprov sudah memenangkan gugatan WALHI atas perijinan yang dimaksud.
“Ituji yang saya sampaikan ke Ombudsman sesuai bidang tugasku,” jelasnya.
Terkait sejumlah data yang diminta Ombudsman, menurutnya, mereka harus memintanya melalui persuratan.
Sementara Wakil Gubernur Sulsel, Agus Arifin Nu’mang yang dimintai keterangan terkait persoalan itu enggan berkomentar banyak. “Tanyakan saja ke instansi terkait, ” singkatnya.
Terpisah, Komite Pemantau Legislatif (Kopel) Sulawesi Selatan Musaddaq menyatakan terus melakukan komunikasi dengan pihak Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) terkait berkas laporkan kasus reklamasi pesisir barat Pantai Losari Kota Makassar Centepoint Of Indonesia (CoI) atau CPI, kepada KPK.
“Sudah kita masukkan laporan kita ke KPK. Kopel bersama Koalisi Masyarakat Anti Korupsi (KMAK) sulsel akan terus melakukan pemantau serta mengawal kasus ini sampai tuntas,”ungkapnya saat dikonfirmasi, Kamis (20/4).
Selain itu juga ia membeberkan ada kejanggalan yang secara sengaja melakukan perbuatan melawan hukum dengan mengabaikan perintah Undang-undang 25 tahun 2004 tentang Sistem Perencanaan Pembangunan Nasional yaitu pasal 1 ayat (3) dan pasal 2 ayat (4) poin c untuk menjamin keterkaitan dan konsistensi antara perencanaan, penganggaran, pelaksanaan, dan pengawasan.
Kopel juga merasa KPK telah bergerak saat ini untuk menuntaskan kasus CoI, dimana bukti-bukti yang dikumpulkan KPK sedang menyelidikinya. “KPK sudah datang ke Makassar beberapa waktu lalu untuk merespon hal tersebut, kita juga tidak mau memasuki terlalu jauh penyelidikan KPK kita serahkan semua saja kita lihat saja hasilnya,” tambahnya.(rhm-ita)

Comments

Copyright © 2017 Berita Kota Makassar.

To Top