Kesejahteraan Buruh Dibahas di May Day – Berita Kota Makassar
Metro

Kesejahteraan Buruh Dibahas di May Day

MAKASSAR, BKM– Kesejahteraan hampir sebagian besar buruh khususnya di Kota Makassar dinilai masih sangat memprihatinkan. Di May Day yang jatuh pada 1 Mei mendatang, Serikat Buruh Sulawesi Selatan memperingati hari buruh internasional dengan membahas nasib kaum buruh yang sampai saat ini masih jauh dari kesejahteraan.
Koordinator Wilayah Serikat Buruh Sejahtera Indonesia (SBSI) Andi Mallanti mengatakan, nasib kaum buruh di Sulawesi Selatan masih jauh dari kesejahteraan. Dimana masih banyak perusahaan mempekerjakan buruh belum memenuhi kewajiban dengan memberikan upah sesuai standar yang telah ditetapkan pemerintah serta memberikan jaminan sosial yang menjamin kesehatan, jaminan hari tua dan keselamatan kerja para buruh.
Melihat hal itu, serikat buruh berinisiatif untuk turun melakukan aksi dengan menyuarakan aspirasi dimoment May Day dengan harapan kesejahteraan para buruh lebih baik dan layak.
“Teman-teman buruh yang tergabung dari serikat buruh memperingati May Day dengan melakukan berbagai kegiatan termasuk dalam menyuarakan aspirasi menyinggung kesejahteraan kaum buruh yang sampai saat ini masih jauh dari yang diharapkan,” sebut Andi Mallanta, Kamis (20/4) kemarin.
Sejauh ini, serikat buruh masih merancang dan mengumpulkan kegiatan-kegiatan yang akan dilakukan di May Day. Sebab Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan dan Pemerintah Kota Makassar dalam hal ini Dinas Ketenagakerjaan (Disnaker) telah merencanakan untuk membuat kegiatan bersama buruh.
“Kita belum bisa jelaskan lebih jauh apa saja kegiatan-kegiatan di May Day, dan estimasi jumlah buruh yang akan turun. Karena kita masih perlu merancang untuk itu, apalagi pemerintah kota dan provinsi Sulsel juga mau buat kegiatan untuk teman buruh. Mengenai kriminalisasi terhadap buruh sejauh ini kami belum dapat laporan kecuali kesejahteraan buruh yang kita lihat masih dibawah,” katanya.
Sementara itu, Kepala Disnaker Kota Makassar, A Irwan Bangsawan mengatakan, Pemerintah Kota Makassar telah merencanakan untuk membuat berbagai kegiatan di May Day. Kegiatan May Day yang mulai digelar 23 April sampai 5 Mei dengan melibatkan serikat buruh dengan melakukan kegiatan sosial sampai dengan melakukan malam ramah tamah untuk mendengar aspirasi kaum buruh.
“Kita sudah siapkan kegiatan May Day mendatang. Dimana itu kita akan melakukan aksi sosial dan malam ramah tamah bersama serikat buruh,” katanya.
Irwan menyebut, dengan dibuatnya malam ramah tamah, keluhan para buruh diterima dan diberikan solusi. Sehingga para buruh dapat lebih sejahtera.
“Nasib para buruh menjadi perhatian kami, dengan adanya malam ramah tamah buruh bersama pemerintah kota, kami dapat mengetahui apa saja yang menjadi keluhan dan harapan para buruh untuk kemudian ditindak lanjuti,” ucapnya. (arf)

Comments

Copyright © 2017 Berita Kota Makassar.

To Top