Sulselbar

SMKN 1 Menuju Adiwiyata Mandiri

SAMBUTAN -- Kepala SMKN 1 Sidenreng, Sulaeman memberikan sambutan dalam acara perpisahan, Selasa, (18/4).

SIDRAP, BKM — Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 1 Sidenreng, Kabupaten Sidrap menuju sekolah Adiwiyata Mandiri.
Kepala SMKN 1 Sidenreng, Sulaeman dalam acara perpisahan, Selasa, (18/4) mengatakan, setelah berhasil meraih penghargaan Adiwiyata tingkat kabupaten dan tingkat provinsi tahun 2015, dan meraih piala Adiwiyata tingkat nasional 2016, maka sekolah yang dipimpinnya itu akan menuju adiwiyata mandiri.
Kepsek menambahkan SMKN 1 dan SMPN 2 Watang Pulu merupakan dua sekolah di Sidrap yang meraih penghargaan piala Adiwiyata tingkat nasional 2016.
Menurutnya, piala adiwiyata tingkat nasional dapat diraih sekolah ini berkat kerja sama yang baik antara dengan guru, staf, siswa, orang tua siswa. “Masyarakat di sekitar lingkungan sekolah juga mempunyai peran penting dalam keberhasilan penghargaan Adiwiyata ini,” ungkapnya.
Ada beberapa indikator atau syarat untuk menjadi sekolah peraih Adiwiyata yaitu penerapan pendidikan dan pengaplikasian mata pelajaran dengan berbasis pada lingkungan hidup.
Seperti memiliki tiga prinsip yaitu edukasi, partisipatif, dan berkelanjutan, di samping memenuhi tiga unsur lainnya yakni pelestarian lingkungan, pemeliharaan lingkungan dan pencegahan terhadap kerusakan lingkungan.
“Dalam hal pemeliharaan lingkungan hidup hingga sarana dan prasarana yang merupakan sumber pembelajaran harus dijaga dengan baik dengan kerja sama semua stakeholder terkait secara terus menerus,” ungkapnya
Untuk itu, ia berharap agar peran orang tua siswa juga sangat penting dalam proses pembelajaran. Makanya sekolah dituntut untuk pengembangan metode pembelajaran yang berbasis lingkungan. (ady/C)

loading...
Comments

Copyright © 2017 Berita Kota Makassar.

To Top