Metro

Perbaikan Laimena Dianggarkan Rp7 M

MAKASSAR, BKM — Tahun ini, Pemprov Sulsel menganggarkan penanganan sejumlah jalan yang mengalami kerusakan. Salah satu diantaranya adalah ruas Jalan Leimena yang berlubang.

Kepala Dinas Bina Marga dan Bina Konstruksi Sulsel, Amin Yakub mengatakan Pemprov Sulsel menyiapkan anggaran sebesarRp7 miliar untuk memperbaiki kerusakan di jalan tersebut.
Amin mengatakan, pihaknya akan melakukan penanganan terhadap jalan itu sepanjang satu kilometer dengan lebar delapan meter. Tidak hanya diperbaiki, jalan itu juga akan ditingkatkan kualitasnya dari jalan aspal menjadi beton.
“Kita akan tingkatkan kualitas jalannya,” ungkap Amin Yakub.
Kata Amin, kondisi jalan ini memang dikeluhkan warga. Kerusakan bukan hanya karena cuaca tetapi juga karena jadi jalur kendaraan bertonase berat. “Semua jalan di Makassar yang menjadi jalan provinsi akan kita perbaiki secara bertahap. Menyesuaikan anggaran,” bebernya.
Selain itu, kata dia pihaknya sudah berkordinasi dengan Pemkot untuk penerangan jalan Leimena. “Jalan Leimena setelah PLTU Tello memang gelap. Kami akan segera menyiapkan pondasi lampunya. Karena untuk pemasangan lampu jalan itu wewenang Pemkot Makassar,” katanya.
Kabid Bina Teknik, Astina Abbas sebelumnya menyebut tahun ini alokasi anggaran untuk perbaikan jalan provinsi cukup terbatas. “Hanya sekira Rp209 miliar lebih. Sementara ruas jalan provinsi bertambah 400 kilometer,” bebernya.
Dengan penambahan jalan ditambah dana minim, beban anggaran perbaikan makin berat. “Mungkin akan dipilah jalanan yang kondisinya cukup parah atau memprihatinkan. Itu dulu yang mendesak atau prioritas diperbaiki,” tandasnya.
Hingga akhir tahun lalu, ada penambahan jalan provinsi sekira 352,64 kilometer. Sehingga dari panjang jalan provinsi hanya 1.147,51 kilometer kini menjadi 1.500,15 kilometer. Selain jalan Leimena, khusus kawasan Mamminasata, juga ada jalan Kumala dan jalan HM Yasin Limpo yang kini jadi jalan provinsi. (rhm)

loading...
Comments

Copyright © 2017 Berita Kota Makassar.

To Top