Hasil Pilgub DKI Bisa Berdampak di Sulsel – Berita Kota Makassar
Headline

Hasil Pilgub DKI Bisa Berdampak di Sulsel

MAKASSAR, BKM — Hasil pemilihan gubernur (pilgub) DKI Jakarta yang dimenangkan pasangan Anis Baswedan-Sandiaga Uno, dinilai dapat berdampak pada konstelasi jelang pilgub Sulsel 2018 mendatang. Pengaruhnya bisa secara langsung maupun tidak langsung.
“Pertarungan pilgub DKI secara langsung akan membuat peta politik nasional, khususnya di kepemimpinan pusat masing-masing partai yang akan berbenah melakukan pilihan-pilihan realistis dan sesuai dengan platform masing-masing partai yang memungkinkan untuk menang,” ujar politisi Partai Keadilan Sejahtera Sulsel Ariady Arsal, Rabu (19/4). Ia dimintai komentarnya soal kemenangan pasangan Anies-Sandi atas Ahok-Djarot berdasarkan hasil hitung cepat berbagai lembaga survei.
Anggota DPRD Sulsel ini menilai, pilgub DKI begitu menarik. Karena Jakarta adalah barometer ibu kota negara dan pusat pemerintahan, serta pusat pertarungan antarpartai.
Meski begitu, Ariady yang juga sekretaris Komisi D DPRD Sulsel ini mengakui bila secara langsung hasil tersebut tidak mengubah konstalasi politik lokal yang ada di Sulsel. Dimana daerah yang dipimpin Syahrul Yasin Limpo ini menjadi daerah tiga besar partai pemenang pemilu yakni Golkar, Demokrat dan Gerindra. Yang berbeda dengan di DKI, dimana partai pemenang yakni PDIP, Gerindra dan PKS.
Selain itu, secara tidak langsung pilgub DKI akan membuat peta politik koalisi jelang pilgub Sulsel yang akan terpetakan lebih jelas. Apalagi pilgub Sulsel lebih mendekati ke pemilu legislatif 2019. Sehingga kemenangan di pilgub tentunya diharapkan menjadi langkah awal menuju Pileg 2019.
“Kami berdoa mudah-mudahan Anies-Sandi memimpin Jakarta, sehingga membawa angin segar untuk perubahan lebih baik di Sulsel. Termasuk kebangkitan kemenangan pilgub dan pileg yang akan datang,” ujar mantan ketua MPW PKS Sulsel ini.
Hal berbeda dikemukakan politisi Partai Golkar Muhammad Risman Pasigai. Menurutnya, dampak dari hasil pilgub Jakarta secara langsung tidak ada.
”Sebab pertarungan di pilgub DKI bukan pertarungan Golkar semata. Namun banyak partai dan kepentingan,” ujar Risman, kemarin.
Peneliti dari Citra Komunikasi (Cikom), sebuah lembaga di bawah lembaga PT Lingkaran Survei Indonesia (LSI) Wiliady memberikan gambaran bila hasil pilgub di DKI akan sangat berdampak di Sulsel. “Saya kira memang sangat berdampak. Pilgub DKI mempengaruhi pilgub yang ada di daerah-daerah lain, utamanya di Sulsel,” ujar Adi, panggilan akrab Wiliady kemarin.
Namun demikian, tambahnya, tentu masyarakat yang ada di Sulsel akan melihat partai-partai yang ikut mendukung pasangan calon yang menang di DKI. Tinggal bagaimana para paslon nanti memainkan perannya, sehingga masyarakat Sulsel akan memilihnya. Utamanya soal program kerja mereka. (rif/rus)

Comments

Copyright © 2017 Berita Kota Makassar.

To Top