Kemenag Sidrap Musnahkan 1.745 Buku Nikah – Berita Kota Makassar
Headline

Kemenag Sidrap Musnahkan 1.745 Buku Nikah

SIDRAP, BKM — Sebanyak 1.745 buku nikah bertandatangan Menteri Agama Surya Darma Ali, di Kabupaten Sidrap akan dimusnahkan Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kemenag) Sidrap.
Pemusnahan dengan cara dibakar akan dilakukan dalam waktu dekat ini, setelah pihak Kemenag Sidrap mengajukan permohonan pemusnakan kepada Kanwil Kemenag Sulsel, lalu membentuk panitia dan menghadirkan saksi-saksi.
“Buku nikah yang tidak berlaku atau yang ditandatangani oleh Menteri Agama lama Surya Darma Ali yang mau dibakar sekitar 1.745 pasang,” kata Kepala Seksi Bimas Islam Kemenag Sidrap, Umar Yahya, Senin (17/4).
Menurutnya, pemusnahan tersebut berdasarkan surat edaran Ditjen Bimbingan Masyarakat Islam Bernomor B.2458/DJ.III/PW.01/09/2016 tanggal 30 September 2016 perihal penghapusan buku nikah.
Umar Yahya mengaku, buku nikah yang ditandatangani Menteri Agama Surya Darma Ali sebelumnya sebanyak 2.197 pasang. Namun ada sekitar 452 pasang buku yang dikembalikan ke KUA di masing-masing kecamatan untuk keperluan isbat nikah.
“Saat itu, kita kembalikan karena ada regulasi bahwa buku-buku itu bisa digunakan untuk membuat isbat nikah. Namun saat ini sudah tidak berlaku lagi,” jelasnya.
Ia juga menjelaskan, bahwa buku nikah yang berlaku saat ini adalah buku nikah yang ditandatangani oleh Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin.
“Buku nikah cetakan baru yang berlaku dengan ditandatangi oleh Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin sudah didistribusikan ke masing-masing KUA sebanyak 2.900 pasang buku,” ujarnya.
Kepala Kantor Kemenag Sidrap H Kaharuddin Aras, mengatakan pemusnahan buku nikah ini juga bertujuan menghindari penyalahgunaan oleh oknum yang tidak bertanggung jawab. Buku nikah ini sangat mungkin dipakai untuk memasukkan data orang lain dengan tujuan-tujuan tertentu.
“Jika hal itu terjadi, maka bisa berakibat fatal. Makanya kita musnahkan semua,” tandasnya. (ady/c)

Comments

Copyright © 2017 Berita Kota Makassar.

To Top