Genjot Pariwisata dengan Menghadirkan Bandara – Berita Kota Makassar
Headline

Genjot Pariwisata dengan Menghadirkan Bandara

Viktor Datuan Batara,SH Wakil Bupati Tana Toraja

SEKTOR pariwisata masih menjadi andalan Tana Toraja, sejak dulu hingga sekarang. Tidak salah jika pembenahan terus dilakukan. Termasuk infrastruktur pendukung.
Minim dan jeleknya fasilitas jalan ke Toraja menjadi salah satu keluhan dari para wisatawan yang berkunjung ke daerah ini. Kondisi tersebut berdampak pada terseok-seoknya upaya menggenjot kunjungan wisatawan, baik mancanegara maupun domestik.
Wakil Bupati Tator Viktor Datuan Batara,SH menyikapi hal tersebut secara arif. Bersama Bupati Nicodemus Biringkanae, pembangunan sarana pendukung pariwisata intens dilakukan dalam satu tahun kepemimpinannya.
Disadari betul, tanpa didukung infrastruktur yang memadai, target kunjungan wisatawan ke Toraja tak akan terpenuhi. Meskipun destinasi pawisata daerah ini sudah masuk kawasan strategis pariwisata nasional (KPSN) dan warisan dunia.
Ketua DPD II Partai Golkar Tator ini menilai, hanya dengan pariwisata ekonomi masyarakat akan lebih maju dan cepat bertumbuh. ”Kita dikaruniai oleh Tuhan dengan alam dan obyek wisata yang begitu banyak. Karena itu perlu dikelola secara profesional untuk mendatangkan uang,” ujar suami dari Nurlia ini.
Untuk bisa merealisasikan program yang telah dicanangkan, Pemerintah Kabupaten Tator terus berupaya melobi pusat guna mengucurkan anggaran yang lebih besar. Hasilnya, keberlanjutan pembangunan Bandara Buntu Kuni telah dipastikan. Kemungkinan besar tahun ini sudah turun anggarannya.
Bapak tiga anak inipun optimistis, hadirnya bandara akan berkorelasi terhadap meningkatnya jumlah kunjungan wisatawan. Di bagian lain, pelebaran dan peningkatan jalan provinsi juga terus dipacu penyelesaiannya.
Diapun menggaransi bahwa tidak ada masyarakat Tator yang menghalangi pembangunan bandara. Sebab kehadirannya sangat mendesak, terutama dalam upaya memajukan pariwisata Toraja.
Setahun lebih kepemimpinan duet Nivi (Nicodemus Biringkanae-Viktor Datuan Batara), telah banyak yang diperbuat di Bumi Lepongan Bulan Tana Matari Allo. Tekad bulat menciptakan perubahan, perlahan telah diwujudkan.
Berkat kerja keras itulah, dua tahun berturut-turut Tana Toraja berhasil menorehkan predikat terbaik dalam hal perencanaan. Bahkan masuk nominasi 10 besar nasional.
”Karena itu, sangat naif jika ada yang menyebut selama setahun Nivi belum berbuat apa-apa di tanah kelahirannya,” imbuh Viktor. (agus burhan)

Comments

Copyright © 2017 Berita Kota Makassar.

To Top