Gojentakmapan

Distan TP Dikucuri Alsintan

GOWA, BKM — Dinas Pertanian dan Tanaman Pangan (Distan TP) Kabupaten Gowa kembali dikucuri bantuan alat-alat industri pertanian (Alsintan) dari pusat. Sebanyak 10 unit alsintan berupa Combine Harvester (alat pemanen kombinasi) akan diterima dalam beberapa hari ini.
Hal itu dikatakan Kadis Pertanian Gowa, H Zulkarnaen saat ditemui BKM di kantornya, Senin (17/4). Zulkarnaen mengakui, Alsintan tersebut belum sampai di kantornya, sebab masih dalam proses pengiriman. Namun Pendumnya sudah ditangan.
Pendum ini, kata dia, menjadi dasarnya untuk menangani Alsintan yang akan segera diserahkan penggunaannya kepada kelompok tani. ”Kabupaten Gowa mendapatkan 10 unit Combine Harvester dari Kementerian Pertanian. Alat tersebut berfungsi untuk memanen padi yang dapat memotong bulir tanaman yang berdiri, merontokkan, dan membersihkan gabah sambil berjalan di lapangan. Penggunaannya efisien dan efektif,” jelas Kadis.
Terkait keberadaan bantuan mesin pertanian itu, pihaknya pun mencarikan upaya terkait pengawasan penggunaannya ditingkat petani. Karena itu, pihaknya akan membentuk Brigade Alsintan alias brigade yang mengurusi dan mengawasi penggunaan alsintan tersebut di lapangan.
”Pembentukan Brigade Alsintan yang dinaungi Dinas Pertanian Gowa ini dimaksudkan mengawasi penggunaan alat tersebut. Meski kita bentuk brigade namun kita juga berharap adanya pengawasan bersama dari pihak-pihak lainnya seperti dari Kejaksaan, LSM dan media bahkan juga masyarakat secara umum soalnya alsintan ini adalah bantuan pemerintah yang harus dipergunakan sesuai peruntukannya dan hanya untuk digunakan petani padi,” jelas Kadis.
Mesin combine ini adalah milik Kementerian Pertanian dan hanya bisa digunakan untuk kepentingan pertanian, khususnya tanaman padi. ”Alat ini diberikan untuk dipergunakan tanaman padi dan tidak boleh dimiliki untuk kepentingan pribadi atau orang per orang. Makanya, kita bentuk brigade untuk pengawasan dan pengaturan penggunaannya. Dengan adanya alat ini, saya harap petani tidak lagi menyewa mesin combine dari daerah lain. Apalagi, harga sewanya mahal karena di Gowa juga sudah ada,” tambahnya. (sar/mir)

loading...
Comments

Copyright © 2017 Berita Kota Makassar.

To Top