Hadirkan Program PSC dan SSC – Berita Kota Makassar
Headline

Hadirkan Program PSC dan SSC

HA Kaswadi Rasak,SE Bupati Soppeng

SEBUAH perjalanan hidup tak akan berarti kita tidak bermakna bagi orang lagi. Termasuk kepada alam semesta.
Prinsip ini dipegang teguh oleh H Andi Kaswadi Rasak,SE dalam memimpin Kabupaten Soppeng. Khususnya dalam melaksanakan segala program yang menjadi skala prioritas di Bumi Latemmamala.
Hal itu sejalan dengan visi dan misi pemerintahannya, yakni melayanai dan lebih baik. Kaswadi kemudian membuktikan semuanya dengan melahirkan berbagai inovasi.
Sebut saja publik safety center (PSC). Bahkan, program PSC ini merupakan yang pertama di Indonesia dibentuk dengan menggunakan dana APBD murni.
Ada juga program kartu macca. Sasarannya adalah para siswa berprestasi. Pelayanan kesehatan dan raskin (beras miskin) gratis.
Di sektor pariwisata, mantan ketua DPRD Soppeng itu berhasil menggandeng PATA dan ASITA. Di tahun 2016, Soppeng yang terkenal dengan sebutan kota kalong, mampu menempati peringkat lima dalam kegiatan serap gabah. Selain itu, ada pula program berkelanjutan pemberian bibit ikan secara gratis.
Sejak tahun lalu, pemerintah kabupaten telah melaksanakan program pengadaan mobil kebakaran di empat kecamatan. Ditargetkan pula, setiap tahun akan diwujudkan peningkatan jalan sepanjang 102,85 km.
Tahun ini pemkab sudah memiliki SSC (Soppeng Command Center). Di dalam ruangan yang berlokasi di kantor bupati ini terpasang peralatan untuk memonitoring semua layanan publik dengan berbasis teknologi informasi.
Sektor pertanian yang menjadi andalan Kabupaten Soppeng, salah satu program yang dilaksanakan adalah pemenuhan kebutuhan sarana produksi. Dilakukan pula cetak sawah baru, yang pada tahun 2016 lalu mampu direalisasikan seluas 300 hektare. Hal ini mendukung peningkatan produksi padi hingga mencapai 280.005 ton.
Khusus untuk tanaman jagung, peningkatan produksi juga berhasil dilakukan. Jika tahun 2015 produksinya sebanyak 41.000 ton, naik menjadi 93.000 ton. Indeks pembangunan manusia (IPM) juga meningkat dari 65,3 menjadi 66,35 poin.
Pencapaian yang diraih Kaswadi Rasak ini mendapat apresiasi dari Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulsel. Pada peringatan Hari Jadi Kabupaten Soppeng ke-756 beberapa waktu lalu, Gubernur Syahrul Yasin Limpo memberikan penghargaan khusus kepada Kaswadi.
Selama menakhodai Kabupaten Soppeng, ia dinilai telah berhasil dalam melakukan pengentasan kemiskinan. Indikasinya, jumlah penduduk miskin di daerah ini mengalami penurunan, dari angka 8,7 persen menjadi 8,3 persen. Sementara di bidang investasi, saat ini angkanya mencapai Rp554 miliar. (firdaus)

Comments

Copyright © 2017 Berita Kota Makassar.

To Top